25 radar bogor

Pemudik di Terminal Baranangsiang Diprediksi Naik 30 Persen

Dishub mudik terminal baranangsing
Sejumlah penumpang naik bus menjelang mudik di kawasan Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Dishub prediksi 80 persen warga pendatang mudik tahun ini. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Baranangsiang Kota Bogor pada Lebaran tahun ini, diprediksi bakal mengalami kenaikan.

Kepala Terminal Baranangsiang, Moses Lieba Ary menyebut, kenaikan diprediksi mencapai 30 persen dibandingkan hari biasa.

Dirinya mengatakan, Terminal Baranangsiang memang menjadi salah satu terminal tersibuk di Jabodetabek. Di hari biasa terminal ini dapat melayani 1500-2000 penumpang.

Baca Juga : Arus Mudik di Terminal Diprediksi Mulai H-7 Lebaran

Ia memprediksi, di momen mudik Lebaran tahun ini jumlah penumpang akan bertambah 20-30 persen. “Bisa bertambah 500 penumpang per hari. Bahkan bisa menyentuh 3000 orang,” tuturnya kepada Radar Bogor, Senin (27/3/2023).

Kondisi tersebut diprediksi terjadi karena sudah berkurangnya pembatasan yang diberlakukan. Hal itu juga dilihatnya dari momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akhir tahun kemarin.

“Biasanya mulai ramai H-10 Lebaran saat cuti bersama dimulai, atau saat Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan sudah turun,” imbuh dia.

Moses mengungkapkan, keberangkatan di Terminal Baranangsiang didominasi Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) wilayah Jawa Barat dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) ke Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Pulau Sumatera seperti ke Padang.

Untuk menghadapi hal tersebut, pihaknya akan menggelar berbagai persiapan sejak jauh hari. Di antaranya yakni pemeriksaan ramp check komprehensif setiap hari dan pemeriksaan kesehatan pada supir.

Moses menyebut pihaknya akan menggandeng Jasa Raharja dan Dinas Kesehatan untuk memeriksa kesehatan sopir pada H-14 Idulfitri.

Baca Juga : Info Mudik Lebaran 2023 : Segini Tarif Tol Jakarta-Surabaya

“Dua minggu sebelum lebaran kami bersama Dinas Perhubungan, Dinkes, TNI, Polri akan turun berjaga dan memeriksa kesehatan sopir sebelum berangkat. Untuk memastikan mereka dalam kondisi prima,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan perbaikan minor pada fasilitas Terminal Baranangsiang dengan menutup lubang-lubang pada lintasan. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep