25 radar bogor

Lantik Seribu Pengumpul Zakat, Begini Target Baznas Kota Bogor

Launching Bogor Berzakat di GOR Pajajaran pada, Senin (20/3). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor secara resmi me-launching Bogor Berzakat. Itu sekaligus ditandai dengan pelantikan 1.000 unit pengumpul zakat (UPZ) se-Kota Bogor di GOR Pajajaran pada, Senin (20/3).

Kegiatan pelantikan yang mengusung tema Gerakan Bogor Berzakat dan Berinfak itu dilakukan dalam rangkaian Tarhib Ramadan 2023 atau 1444 Hijriah.

Baca Juga: Baznas Kota Bogor Santuni Keluarga Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Zakat pada Baznas Kota Bogor, Subhan Murtadla mengatakan, total ada 1.000 UPZ yang dilantik mulai dari tingkat sekolah, masjid, kelurahan Duta Infak dan Duta Zakat Ramadan 2023 atau 1444 Hijriah.

“Mereka yang dilantik ini untuk menggerakkan Bogor Berzakat. Kita bentuk ada Duta Gema Infak untuk siswa siswi SD dan SMP, kemudian untuk tingkat mahasiswa dan milenial kita bentuk Duta Zakat,” kata Subhan.

Dia menjelaskan, mereka-mereka ini nantinya ada yang bertugas sebagai penyampai informasi dan menggerakkan di setiap masing-masing UPZ, baik sekolah maupun lingkungan publik lainnya.

Adapun untuk UPZ tingkat sekolah, para ketua yang kebanyakan guru agama tersebut bertugas untuk menghimpun dana zakat. Bisa juga menghimpun dana zakat profesi dan bisa menggerakkan infak anak-anak.

“Hal itu juga tentunya sebagai edukasi kepada anak-anak, untuk berinfak sejak dini, khususnya di lingkungan sekolah,” ucap dia.

Subhan mengungkapkan, Bogor Berzakat tentunya diharapkan bisa meningkatkan penghimpunan. Nantinya dari zakat tersebut banyak manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat penerima.

Misalnya, pemberian beasiswa pelajar sebanyak 250 siswa. Kemudian beasiswa untuk sarjana sebanyak 100 orang dan juga program lainnya seperti bedah rumah.

Menurutnya, semua akan terealisasikan secara maksimal ketika penghimpunnya juga dilaksanakan dengan semaksimal dan seoptimal mungkin.

“Karena gini, Baznas itu tidak bisa berdiri sendiri, karenakan potensi zakat itu luar biasa, makannya kita bentuk unit-unit pengumpul zakat,” tutur Subhan.

Baca Juga: Jenazah Telantar di RSUD Ciawi, Baznas Kota Bogor Makamkan di Kayumanis

Untuk mengoptimalkan potensi zakat yang besar, UPZ sudah hadir sampai tingkat RW dan kelurahan.

Hal itu untuk memajukan dan mewujudkan program ke depannya, yaitu yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian warga. Salah satunya dengan modal yang diberikan kepada para penerima.

“Harapan kita nantinya target tahun ini ada 100 pengusaha baru di Kota Bogor,” tukas dia.*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto