25 radar bogor

Pelajar Tewas Dibacok, Ketua DPRD Bogor: Evaluasi Sistem Pendidikan

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menyambangi rumah duka korban pembacokan pelajar di Kecamatan Sukaraja, Sabtu (11/3). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

SUKARAJA-RADAR BOGOR, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto merasa prihatin atas peristiwa yang menimpa seorang siswa SMK Bina Warga Kota Bogor, warga Desa Cijujung, Sukaraja hingga meninggal dunia.


Rudy berharap, apa yang dialami Arya Saputra(16) merupakan yang terakhir terjadi di kalangan pelajar Kabupaten Bogor.

“Anak-anak ini punya masa depan, dan pendidikan menjadi salah satu ikhtiar kita bersama untuk menjadikan masa depan mereka menjadi lebih baik,” ujar Rudy Susmanto, usai menyempatkan diri bertakjiah ke rumah duka, Sabtu (11/3).

Dari penuturan pihak keluarga, kata Rudy, almarhum Arya dikenal sebagai anak yang baik serta penurut. Sebagai siswa SMK kelas 10 jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Arya bercita-cita menjadi seorang insinyur yang penuh dukungan dari keluarganya.

“Mewakili lembaga DPRD Kabupaten Bogor, kami menyampaikan turut berduka. Semoga Arya mendapatkan tempat terbaik, dimuliakan oleh Allah SWT. Kami juga mendoakan keluarga diberi kesabaran menghadapi ujian berat ini,” ucap Rudy Susmanto.

Meski mengaku kecewa dan marah, Rudy berharap peristiwa serupa tidak berbutut panjang dan menyisakan dendam antara masing-masing siswa di sekolah yang terlibat.

Menurutnya, bagaimana pun kekerasan tidak akan menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah.

“Dari kejadian ini, rekan-rekan almarhum maupun beberapa sekolah lain, jangan diperpanjang, cukupkan mereka punya masa depan yang lebih baik. Jangan ada dendam dan jangan sampai ada lagi korban,” tegasnya.

Rudy juga meminta agar aparat penegak hukum mengedepankan rasa keadilan bagi semua pihak, terutama bagi keluarga korban. Sementara untuk penyelenggara pendidikan diminta segera mengevaluasi sistem pendidikan saat ini.

Politikus Partai Gerindra ini memastikan, DPRD Kabupaten Bogor akan menjaring masukan dari pihak-pihak berkompeten untuk mengevaluasi sistem atau model pendidikan yang diterapkan saat ini.

Avatar

Baca Juga:

Video Detik-Detik Pelajar Dibacok di Simpang Pomad, Terekam Kamera Mobil


“Melalui Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor masalah ini akan kita bahas secara serius dan rekomendasi-rekomendasinya akan kami sampaikan juga kepada Kementerian Pendidikan,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto