25 radar bogor

Kejar Target Perekaman KTP, Disdukcapil Jemput Bola ke Sekolah

Perekaman KTP yang gencar dilakukan Disdukcapil Kota Bogor menyasar pelajar di sekolah. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menggelar program jemput bola di sejumlah sekolah.


Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Mugi Lastono Disdukcapil Kota Bogor, Mugi menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk mempercepat pemenuhan target perekaman KTP bagi warga yang akan dan sudah berusia 17 tahun.

“Kami punya target sekira 22 ribu orang data pemilih pemula yang alan berusia 17 tahun pada jadwal pemilu nanti yaitu 14 Februari 2024 mendatang. Oleh karena itu, kami memadankan antara data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga didapat data dari setiap sekolah,” jelas Mugi.

Perekaman dilakukan di puluhan SMA dan SMK sederajat di Kota Bogor. Mugi menyebut dalam sekali kunjungan Disdukcapil dapat merekam hingga 300 data pemilih.

“Perekaman jemput bola ini kami lakukan setiap hari. Setiap sekolah bisa menghabiskan waktu 3-7 hati. Hingga saat ini kami sudah mendatangi sebanyak 5 sekolah,” terang dia.

Selain pelajar berumur 17 tahun, Disdukcapil juga melakukan perekaman bagi siswa berusia 16 tahun. Hal itu dilakukan sebagai upaya Disdukcapil mencapai target tidak ada penduduk yang belum melakukan perekaman KTP di tahun 2024.

Mugi menerangkan KTP para pelajar nantinya akan dicetak secara kolektif san diserahkan pada bagian kesiswaan di sekolah. Sementara untuk siswa yang masih berusia 16 tahun KTP baru akan diberikan setelah usianya 17 tahun.


“Upaya ini akan dimaksimalkan kami dengan membuat surat pemberitahuan ke kelurahan bila ada anak usia pemula dan akan berusia 17 rahun di Februari Tahun 2024 agar dianjurkan datang ke Disdukcapil melakukan perekaman KTP,” imbuhnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto