25 radar bogor

Sebelum Ramadan, 320 Pedagang Pasar Jambu Dua Dipindahkan

Pasar Jambu Dua
Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang di Pasar Jambu Dua. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Revitalisasi Pasar Jambu Dua sudah akan dimulai. Para pedagang di pasar tersebut bakal dipindahkan ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) sebelum bulan Ramadan.


Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) mulai menyiapkan pemindahan 320 pedagang tersebut. Direktur Umum Perumda PPJ, Jenal Abidin mengatakan, pemindahan itu akan disesuaikan dengan proses pembangunan TPS yang saat ini sudah mencapai 95 persen.

“TPS ditempatkan di belakang Pasar Jambu Dua dan sudah hampir jadi tinggal 15 persen lagi. Nanti untuk penempatan kami lakukan mekanisme kocok ulang,” kata Jenal Abidin, Rabu (22/2).

Dari total 320 pedagang eksisting, Perumda PPJ menyiapkan sebanyak 328 TPS. Hal itu agar para pedagang tetap dapat berjualan selama proses pembangunan yang akan memakan waktu selama enam bulan.

“Pemindahan ke TPS termasuk yang ada di blok PKL. Begitu selesai langsung dilakukan pemindahan ke TPS. Targetnya sebelum puasa,” ucapnya.

Secara konsep, dijelaskan Jenal, pasar yang akan direvitalisasi nantinya mampu menampung 1.141 pedagang. Pasar Jambu Dua yang baru itu ditujukan untuk pedagang eksisting dan pedagang basah yang saat ini menempati Pasar Bogor.

“Konsep Pasar Jambu dua itu adalah Pasar Bersih, ada semi basement, lantai satu, dua, dan rooftop,” ucap dia.

Revitalisasi Pasar Jambu Dua akan segera dilaksanakan pada tahun ini. Pemenang lelang beauty contest didapuk PT Bogor Artha Makmur.


Pasar yang berlokasi di belakang Plaza Jambu Dua itu rencananya akan disulap menjadi Pasar Pangan terbesar di Kota Bogor. Revitalisasi pasar diperkirakan akan menghabiskan anggaran di atas Rp80 miliar.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto