25 radar bogor

Izin Belum Selesai, Proyek Jalur Tambang di Bogor Terus Molor

Jalur tambang yang kerap dilalui kendaraan-kendaraan besar di Kecamatan Rumpin. Proyek pembangunan jalan dari provinsi Jabar diperkirakan bakal molor lagi. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

PARUNG PANJANG-RADAR BOGOR, Progres pembangunan tambang tampaknya belum ada kejelasan atau jalan di tempat. Musababnya, sampai saat ini untuk izin OSS tak kunjung keluar.

Padahal, pengerasan dan pembebasan lahan sudah dilakukan sejauh 12 kilometer.


“Kalau jalur tambang domainnya ada provinsi, tugas kami hanya mencari investor, pembebasan lahan juga sudah ada,” dalih Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan ketika menghadiri boling di Kecamatan Dramaga, Rabu (22/2).

Ia mengklaim, untuk koordinasi dan update perkembangan jalur tambang dengan provinsi Jawa Barat kerap dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah.

“Pak Sekda yang sering koordinasi dengan provinsi Jawa Barat. Tapi pengerasannya sudah tinggal izinnya saja belum ada progres,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin masih menunggu kelengkapan izin Online Single Submission (OSS), sebagai lanjutan proses pembangunan jalur tambang. Saat ini, baru sekira 7 kilometer dilakukan land clearing.

“Jalur tambang kami menunggu izin OSS, janji dari Kementrian Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) paling lambat akhir bulan Januari ini perizinan sudah rampung,” janjinya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto