25 radar bogor

Habiskan Rp336 Juta, Betonisasi Desa Tonjong Tak Kunjung Berlanjut

Camat Tajurhalang Fikri Ihsani. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

TAJURHALANG-RADAR BOGOR, Pembangunan betonisasi di wilayah Desa Tonjong dengan menggunakan anggaran Samisade tahap kedua senilai Rp336 juta. Musababnya, uang tersebut sudah habis meski realisasi di lapangan nihil.


“Kami prihatin dengan Desa Tonjong, tahap dua ini belum selesai dilaksanakan. Kita sudah melakukan sesuai mekanisme teguran pertama, kedua. Kemudian kami sudah undang klarifikasi semua unsur desa,” beber Camat Tajurhalang Fikri Ihsani, Selasa (21/2).

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) juga telah memberikan teguran sampai ketiga kalinya. Ketika dipanggil, pemerintah desa dinilai selalu mangkir dan meminta waktu.

“Alasannya kades meminta waktu untuk merealisasikan tahap dua, tapi sampai kapan waktu itu dan selalu ingkar. Bahkan sampai sekarang tidak ada action di lapangan,” keluhnya.

Sementara itu, sudah 6 dari 7 desa yang menyelesaikan pembangunan menggunakan Samisade tahap dua tepat waktu. Itu sesuai dengan perencanaan, termasuk laporan pertanggungjawaban.

“Tinggal Desa tonjong saja dan ke depan menjadi satu pembelajaran bahwa ini anggaran APBD yang harus dipertanggungjawabkan. Yang jelas, kami sudah memberikan upaya sampai klarifikasi waktu tapi sampai batas yang dijanjikan tak kunjung ada progres dan kami serahkan ke DPMD,” katanya.

Seperti diketahui, total anggaran betonisasi di wilayah Desa Tonjong mencapai Rp838 juta. Namun, tahap dua senilai Rp336 juta yang menjadi anggaran tidak terserap.


Kondisi tersebut ikut berpengaruh terhadap lanjutan tahun 2023. Dengan begitu, desa tidsk akan mendapatkan bantuan Samisade karena tak menyelesaikan luncuran di tahap kedua. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto