25 radar bogor

Buka Pendaftaran Mahasiswa, UIKA Siapkan Beasiswa untuk Penghafal Alquran

Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur beasiswa Hafidz Alquran. (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru di tahun ajaran 2023-2024 dengan menyiapkan jalur beasiswa Tahfidz Alquran atau penghafal Alquran.


Beasiswa Tahfidz Alquran bisa berupa beasiswa 50 persen dan juga bebas SPP maupun SKS.

“Ada beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, beasiswa Tahfiz Alquran, dan beasiswa bagi siswa berprestasi,” papar Rektor UIKA Bogor, Endin Mujahidin,, Selasa (21/2).

Endin menyebutkan, tahun ini pihaknya membidik sekira 2.000 mahasiswa baru. Termasuk, mahasiswa dari jalur beasiswa.

Terkait beasiswa Tahfidz Alquran, Endin menceritakan, belum lama ini ia bertemu dengan salah seorang pengelola pesantren Tahfidz Alquran yang memiliki 4.000 hafidz dan hafidzah. Pengelola pesantren ini ingin peserta didiknya bisa berkuliah di UIKA.

“Saya tanya berapa yang dibutuhkan pesantren? Asal skemanya tidak full, hanya sarana dan SPP, SKS, itu bisa kirim 100 (orang), kami terima 100 (orang),” imbuhnya.

Tak hanya itu, UIKA juga menyiapkan sejumlah jalur beasiswa bagi para calon mahasiswa baru, baik untuk calon mahasiswa berprestasi maupun calon mahasiswa kurang mampu.

Calon mahasiswa baru yang hendak mendaftar beasiswa Tahfiz Alquran, pendaftaran sudah dibuka sejak 4 Januari hingga 20 Mei 2023 untuk tahap pertama. Sementara, tahap kedua berlangsung pada 21 Mei hingga 19 Agustus 2023.

Syarat lengkap pengajuan beasiswa Tahfidz Alquran bagi calon mahasiswa baru UIKA Bogor bisa dengan melakukan pendaftaran melalui website resmi https://spmb.uika-bogor.ac.id. Pendaftaran juga bisa secara luring melalui panitia penerimaan mahasiswa baru.

Lalu, melakukan pembayaran pendaftaran, serta melengkapi berkas pesyaratan di web SPMB UIKA. Berkas tersebut meliputi Kartu Keluarga, ijazah transkrip nilai, pas foto, dan Sertifikat Penghafal Alquran 30 Juz yang dikeluarkan minimal dua tahun terakhir.

“Nantinya akan ada seleksi penerimaan mahasiswa baru berupa wawancara oleh Fakultas masing-masing. Serta hasil seleksi mahasiswa baru jalur mandiri,” imbuhnya.

Avatar


Endin menambahkan, beasiswa Tahfidz Alquran akan ada proses wawancara oleh Tim Seleksi Penerimaan Beasiswa Hafidz 30 Juz. Setelah itu, akan ada pengumuman hasil seleksi mahasiswa baru Jalur Beasiswa.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto