25 radar bogor

85 Warga Tenjo Keracunan Usai Makan di Resepsi Pernikahan

Warga dilarikan ke puskesmas karena mengalami keracunan makanan usai menghadiri resepsi pernikahan di Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, Sabtu (12/2) malam. (IST)

TENJO-RADAR BOGOR, Sebanyak 85 orang mengalami keracunan makanan, Sabtu (11/2) malam. Mereka usai mengkonsumsi makanan di sebuah resepsi pernikahan di Kampung Asem, Desa Babakan.


Camat Tenjo Yudi Utomo menerangkan, warganya datang ke UGD Puskesmas untuk berobat dengan gejala mual, pusing, muntah dan lemas. Setelah diperiksa, ternyata gejala keracunan makanan.

Ternyata, banyak keluarga dan warga lainnya datang dengan keluhan yang sama. Korban yang berdatangan hingga 26 orang ditangani di uskesmas Pasar Rebo.

“Ternyata dari RT 02/04 Desa Babakan masih terdapat banyak warga yang mengalami hal serupa, sehingga warga ditangani petugas langsung di lokasi. Karena di UGD Puskesmas Tenjo sudah penuh 12 orang rawat inap dan lainnya berobat jalan,” jelasnya.

Bahkan, Balai Desa Babakan menjadi alternatif menampung warga yang rawat inap setelah dilokasi dinyatakan harus rawat inap.

“Tidak hanya warga saja, hampir semua keluarga pemangku hajat dan warga yang keracunan makanan dengan gejala serupa, setelah dari acara resepsi pernikahan,” kata Yudi.

Petugas kesehatan dan kepolisian mengambil sisa makanan yang diduga berasal dari bahan jamur dan ikan Tongkol. Tim kesehatan Kabupaten Bogor bakal memastikan kandungannya.

Senada, Kepala desa Babakan Wadin membenarkan kejadian yang menimpa warganya usai mengkonsumsi makanan di resepsi pernikahan salah satu warga.

“Jumlah korban ada 84 dan mayoritas ibu-ibu, dewasa dan anak-anak. Dan pemdes juga sampai sekarang masih membuka posko kesehatan,” kata Wadin.

Sementara itu, Kapolsek Tenjo Iptu Suyadi mengungkapkan, dari total 85 orang masih ada beberapa warga yang dirawat. Sisanya, sudah pulang ke rumah masing-masing.

Avatar

Baca Juga:

Pemkot Bogor Buka Lelang Dua Jabatan Kosong, Simak Jadwal Lengkapnya


“Info awal, mereka mengkonsumsi soto dan lainnya pada makanan di resepsi pernikahan warga sekitar,” kata Suyadi.

Kondisi terakhir sampai laporan ini dibuat Minggu (12/2), pada pukul 05.00 WIB, terdapat 12 orang warga yang dirawt inap di UGD Puskesmas Tenjo. Sedangkan, 8 orang rawat inap di Balai Desa Babakan. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto