25 radar bogor

Pemkot Bogor Buka Lelang Dua Jabatan Kosong, Simak Jadwal Lengkapnya

Ilustrasi Maladministrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, resmi membuka lelang dua jabatan yang kosong untuk posisi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor.

Pengumuman lelang jabatan tersebut, telah diunggah di situs resmi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Bogor, bkpsdm.kotabogor.go.id, pada Jumat (11/2/2023).

Dalam situs resmi itu disebutkan bahwa pendaftaran lelang jabatan ini dimulai pada 10-25 Februari 2023. Lalu, hasil pengumuman seleksi administrasi dan rekam jejak akan diumumkan pada, Sabtu 25 Februari 2023.

Proses seleksi kemudian berlanjut ke tahap uji kompetensi, dan pemaparan visi dan misi peserta berupa penulisan makalah yang digelar Minggu 26 Februari 2023.

“Pengumuman hasil tes kompetensi bidang (pada) 9 Januari 2023,” kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Syarifah Sopiah.

Kemudian tahapan dilanjutkan dengan tes penulisan makalah yang dijadwalkan pada, Senin 27 Februari 2023. “Tes kesehatan dilakukan pada hari berikutnya Selasa 28 Februari 2023,” ucap Syarifah yang menjabat sebagai Sekda Kota Bogor.

Sedangkan hasil seleksi tiga calon terbaik dilakukan pada, Kamis 2 Maret 2023. “Penetalan calon terpilih (paling lambat), Jumat 10 Maret 2023,” ucap dia.

Adapun, peserta seleksi terbuka berasal dari pegawai negeri sipil (PNS) seluruh Indonesia sebagaimana diatur dalam Pasal 110 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Selain itu, peserta lelang jabata memiliki pangkat/golongan ruang paling rendah Pembina (IV/a), sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat dua tahun, diutamakan eselon III.A, berusia paling tinggi 56 tahun pada tanggal 10 Maret 2023.

Lalu, memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma empat, diutamakan pascasarjana. Peserta lelang jabatan tersebut, harus mendapat persetujuan tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian bagi PNS yang berasal dari luar Pemerintah Daerah Kota Bogor.

Syarifah menjelaskan, pengumuman pendaftaran dapat dilihat pada surat resmi yang dikirimkan ke seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat, media massa dan papan pengumuman BKPSDM Kota Bogor serta website Pemerintah Daerah Kota Bogor dengan alamat https://bksdm.kotabogor.go.id/seleksijpt.

Pembukaan Pendaftaran dilaksanakan secara online.

Sebelumnya, rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melelang dua jabatan Kepala Dinas (Kadis) kosong pada Rabu, (8/2/2023) batal terlaksana.

Kedua jabatan Kadis kosong itu yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor.

“Tadinya dari Pansel sudah fix diumumkan tanggal 8. Tapi surat dari KASN-nya belum ada, jadi masih ditunda,” kata Sekda Kota Bogor, Syarifah Sopiah, Rabu (8/2/2023).

Menurut dia, karena belum keluarnya surat dari KASN tersebut sehingga rencana pendaftaran lelang jabatan tak dapat dilakukan sesuai rencana.

Sementara itu, Kabid Kepegawaian pada BPKSDM Kota Bogor, Elyis Sontikasyah menuturkan, bahwa sebenarnya dalam rencana lelang dua jabatan Kadis kosong ini, Pemkot Bogor sudah membentuk Tim Panitia Seleksi (Pansel).

Kemudian, dari hasil diskusi, disepakati pengumuman lelang jabatan Kadis kosong ini akan diumumkan pada Rabu, (8/2/2023), dengan catatan setelah mendapat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Akan tetapi, karena hingga sore hari rekomendasi ini belum ada, sehingga pengumuman lelang jabatan Kadis kosong akan diundur hingga rekomendasi KASN keluar.

“Mudah-mudahan secepatnya ada (rekomendasi), agar (lelang jabatan) bisa segera diumumkan oleh Pansel,” kata pria yang akrab disapa Elyis. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep