25 radar bogor

Perumda PPJ Jamin Pasar Jambu Dua Bakal Lebih Nyaman

Tempat Penampungan Sementara (TPS) Jambu Dua. Kawasan ini bakal menjadi tempat sementara pedagang berjualan ketika Jambu Dua direvitalisasi. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Perumda Pasar Pakuan Jaya ancang-ancang sejumlah rencana dalam penataan Pasar Jambu Dua yang tengah dibangun.


Direktur Utama, Perumda PPJ, Muzakkir Abdullah mengungkapkan pihaknya bakal membuat akses yang lebih nyaman dari sebelumnya. Akses keluar masuk dari Jalan Pajajaran dan menuju bilangan Ahmad Yani bakal dipeluas.

Kemudian Perumda PPJ diakuinya juga akan menyediakan tempat parkir yang luas bagi kendaraan roda dua dan empat sehingga bisa menampung pengunjung pasar.

Muzakkir mengungkapkan sejumlah program untuk mendorong pasar semakin nyaman untuk masyarakat.

“Meskipun Kementerian mengarahkan untuk membentuk pasar rakyat namun yang kami bangun sekarang konsepnya ke arah pasar bersih. Seluruh aspeknya jadi perhatian. Misalnya penyemprotan secara berkala,” ujarnya kepada Radar Bogor, Jumat (3/2).

Pihak PPJ ke depan juga akan mengatur dan menerapkan sistem zona dengan ketat. Dengan begitu l, para pedagang akan dikelompokkan sesuai dengan komoditasnya masing-masing sehingga tidak bercampur.

“Seharusnya memang tidak boleh bercampur. Namun sekarang kalau diatur akan susah. Sebab, terkadang pedagang berpikir jika pindah akan susah mendapat reseki. Boleh karena itu penzonaan akan dilakukan dengan ketat sejak awal sehingga membawa pasar ke arah yang lebih baik,” tutur Muzakkir.


Pihaknya juga tak akan lelah mengajak Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk masuk ke dalam pasar. Karena dirinya menyebut hingga saat ini Pasar Bogor masih bisa menampung 500 pedagang lagi, Pasar Kebon Kembang ada 800 halaman yang kosong. Sementara di Blok AB ada sekira 300 kios dan Blok F ada 500 kios kosong. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto