25 radar bogor

Taman Sempur Bakal Diperbaiki, Ditutup Sampai Tiga Bulan

Jogging track di Lapangan Sempur banyak yang sudah retak. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menutup sementara Taman Sempur. Lantaran bakal mendapatkan perbaikan pada areal jogging track di sekeliling lapangannya.


Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Irfan Zacky menjelaskan, area jogging track saat ini sudah dalam kondisi rusak. Untuk itu, butuh perbaikan segera.

“Tahun ini akan ada perbaikan rubber (jogging track). Memang kondisinya sudah rusak, dan bawahnya harus diperbaiki juga,” kata Irfan, Rabu (1/2).

Perbaikan meliputi base joging track, perbaikan rubber, hingga drainase track dengan pagu APBD yang disiapkan sebesar Rp2,3 miliar. Irfan menjelaskan, sesuai rencana, kegiatan ini akan dilakukan pada Maret hingga April 2023 mendatang.

“Penutupan Taman Sempur kurang lebih sekitar 2-3 bulan. Paling telat, setelah lebaran pengerjaan bisa dilakukan,” ucap dia.

Dalam pelaksanaannya nanti, struktur bahan dasar dari jogging track ini, akan diubah. Selama ini, jogging track yang sudah eksisting menggunakan bahan aspal yang memang jika terkena panas mengelupas.

“Kita akan ubah struktur basenya dengan memakai beton. Kalau yang eksisting ini memang rubbernya sudah pada ngelupas. Kemungkinan akan diperbaikinya akhir bulan April ini atau setelah lebaran. Atau kemungkinan di bulan Mei ini. Untuk pekerjaannya dua bulan,” papar Irfan.

Saat ini, tahapan baru dimulai dengan melelangkan konsultan pengawas selama dua bulan. Bulan kedua masuk untuk lelang fisik.

Kendati demikian, penutupan Taman Sempur itu tidak berarti bakal ikut menutup akses Taman Ekspresi. Masyarakat masih bisa menggunakan fasilitas publik tersebut.


“Untuk Taman Ekspresi tetap dibuka. Tapi masyarakat yang biasa kegiatan di Taman Sempur bisa juga ke Alun-lun Kota Bogor atau ke taman lainnya,” tandasnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto