25 radar bogor

Bobol ATM Indomaret Pakai Las, Begini Penampakan Lifehack ala Maling

Mesin ATM
Kondisi mesin ATM minimarket di kawasan Perumahan Bogor Raya Permai yang dibobol maling, Senin (30/1/2023) dini hari.

BOGOR-RADAR BOGOR, Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di gerai Indomaret, Bogor Raya Permai, Kota Bogor tak bisa dipakai lagi. Pasalnya, mesin ATM itu sudah jebol dan semua uang raib.


Kanit Reskrim Polsek Bogor Barat, Ipda Imam Bakhtiar menjelaskan, pembobolan terjadi pada pukul 03.30 WIB. Namun, baru diketahui saat pegawai Indomaret membuka gerai di pukul 07.30 WIB.

Kawanan maling itu ternyata sudah mengincar gerai Indomaret tersebut. Ketika para karyawan sudah pulang, mereka melancarkan aksinya dengan memgelas bagian sisi mesin ATM.

Imam menuturkan, dari hasil pemeriksaan CCTV diketahui ada dua pelaku pembobolan. Mereka berhasil masuk ke dalam gerai dengan cara membobol atap terlebih dahulu.

“Para pelaku bukan lewat pintu, melainkan naik dari pinggir gerai menggunakan tangga lalu membobol atap dan plafon,” ujar Imam.

Setelah berhasil masuk, para pelaku kemudian mulai beraksi membobol ATM dengan cara mengelas mesin tersebut.

Mereka kemudian kabur usai berhasil menggondol uang yang berada di dalam ATM. Imam belum dspat menyebutkan secara pasti besaran uang yang diambil. “Masih dihitung berapa besarannya oleh pihak bank,” tambah Imam.

Meski begitu, polisi tampaknya bakal mengendus persembunyian kawanan perampok ini.

Mereka membawa kabur uang tunai dari dalam mesin ATM. Namun, justru meninggalkan barang bukti perlengkapan lifehack atau alat sederhana yang dipakai sebagai alat pengelasan.


Mulai dari tabung gas elpiji 3 kilogram, tabung oksigen, dan selang beserta torch atau pemicu apinya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto