GOR Bogor Selatan : Nyaman Untuk Olahraga, Ramah Untuk Keluarga

GOR Bogor Selatan
Penampakan GOR Bogor Selatan pada Rabu (21/12/2022) diresmikan Wali Kota Bogor, Bima Arya, bersamaan dengan GOR Kecamatan Bogor Utara dan GOR Manunggal di Kecamatan Bogor Barat. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemkot Bogor terus membangun fasilitas publik. Setelah alun alun Bogor, Lapangan Sempur, Pemkot membangun tiga Gelanggang Olah Raga (GOR) Manunggal, Bogor Utara dan GOR Bogor Selatan. Upaya ini tak lain untuk memudahkan warganya untuk berolahraga, berkumpul, bermain dan hiburan.

Seperti yang terlihat pada Sabtu (21/1/2023) pagi. Warga tampak berdatangan ke GOR Bogor Selatan. Terlebih GOR yang terletak di di Kelurahan Kertamaya Kecamatan Bogor Selatan itu, kondisinya masih baru.

Zaenal Abdin (43), warga Kelurahan Lawanggintung ini, ingin berolahraga di tempat yang nyaman dan aman serta udaranya sejuk. Nah, kehadiran GOR Bogor Selatan ini cukup tepat, karena berada di pinggiran Kota Bogor yang udaranya masih segar.

‘’Cocok banget tempatnya, jauh dari keramaian. Kalau jogging di system satu arah (SSA) Kebun Raya Bogor atau di Lapangan Sempur sudah padat orangnya,’’kata Zaenal.

GOR Bogor Selatan
GOR Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Dirinya sangat mengapresiasi upaya Pemkot Bogor memecah konsentrasi tempat olahraga, tak hanya terpusat di Lapangan Sempur atau Alun Alun Kota Bogor serta SSA Kebun Raya yang berada di pusat Kota Bogor.

Kini Pemkot Bogor telah membangun GOR di tiap kecamatan, salah satunya di Kecamatan Bogor Selatan. ‘’Selain menyehatkan bagi warga Kota Bogor, saya juga optimis dapat lahir atlet-atlet berpresatasi dengan adanya tempat olahraga di tiap kecamatan,’’ tegas Zaenal.

Lain halnya dengan Siti Nurlaela (36). Warga Cipaku ini mengaku senang dengan kehadiran GOR Bogor Selatan ini karena menjadi pilihan wisata lokal untuk mengajak anak-anak bermain. Terlebih di areal GOR Bogor Selatan ini juga tersedia arena bermain anak.

‘’Jadi tiap weekend tidak usah ke Lapangan Sempur lagi, saya bisa ajak suami berolahraga dan anak-anak juga bisa bermain serta kulineran,’’ kata Lela panggilan Siti Nurlaela.

GOR Bogor Selatan
GOR Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Dirinya berharap, Pemkot Bogor dapat merawat dan menjaga GOR Bogor Selatan ini tetap bagus. Makanya ia mendukung bila Pemkot menggratiskan atau tidak memungut tariff penggunaan areal GOR ini untuk masyarakat. ‘’Bila pun bayar yang pakai fasilitas lapangan sepakbola saja ya,’’ kata Lela.

Begitu juga dengan masyarakat turut menjaga kebersihan dan kerapihan fasilitas umum ini. Dirinya pun sudah melakukan dengan membuang sampah pada tempat yang telah tersedia. Selain itu, berjalan di areal jogging track dan tempat yang telah tersedia untuk pejalan kaki, karena terdapat taman yang tumbuh pohon bunga-bungaan.

‘’Saya juga mengajak nih kepada warga lain yang menggunakan fasilitas permainan anak agar tak merusak fasilitas umum ini,’’ jelasnya.

Lain halnya dengan Supriyadi (48). Warga Kertamaya ini senang wilayahnya menjadi ramai didatangi warga dari luar kelurahannya. Tak heran bila warga sekitar GOR Bogor Selatan bisa berjualan makanan dan minuman bagi pengunjung yang berolahraga dan bermain di areal GOM.

‘’Alhamdullilah berkah banget, warga juga merasakan dampaknya meski kecil tapi kalau sering ya banyak juga. Semoga saja semakin ramai kedepannya,’’ tegasnya.

Dirinya berharap GOR Bogor Selatan ini tak hanya menjadi pusat olahraga baru di wilayah Bogor Selatan, tapi juga dapat menumbuh perekonomian warga sekitar.

GOR Bogor Selatan
GOR Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Untuk itu, dirinya berharap jalan menuju wilayah Bogor Selatan semakin lebar sehingga tidak terjadi kemacetan, khususnya di Batu Tulis. ‘’Kabarnya Pemkot Bogor akan membangun underpass Batu Tulis, semoga jalannya juga dilebarkan juga,’’kata Supriyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Herry Karnadi mengatakan pembangunan GOR Bogor Selatan ini memiliki konsep beberapa lapangan olahraga dalam satu kawasan. Seperti sepak bola, basket, voli, bulutangkis, dan jogging track.

Itu terbilang lengkap, mengingat sarananya memiliki konsep outdor. Sedangkan hanya bulutangkis yang berkonsep indoor. GOR Bogor Selatan ini memiliki konsep sportainment, ramah keluarga, mulai dari anak-anak, hingga lansia.

“Jadi orang ke sini gak cuma untuk olahraga, tapi untuk bermain, nongkrong, dan kulineran. Harapannya selain dapat aspek kesehatan, juga untuk aspek kota cerdas, dan sehat,” imbuh dia.

GOR Bogor Selatan ini berdiri di atas lahan seluas 1 hektar, khusus untuk lapangan sepakbola menggunakan rumput sintetis dilengkapi sarana pendukung mulai dari tribun penonton, ruang ganti pemain, toilet, jogging track, permainan anak, outdoor gym dan ruang pengelola.

Tahap berikutnya pada 2023 ini akan dilengkapi fasilitas indoor, yakni lapangan badminton, voli dan basket. Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan GOR Bogor Selatan ini pada Rabu (21/12/2022) bersamaan dengan peresmian GOR Manunggal dan GOR Bogor Utara.

GOR Bogor Selatan
GOR Bogor Selatan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

Tiga GOR ini sekarang menjadi tempat wisata lokal bagi warga sekitar untuk mengajak anaknya bermain dan mengasuhnya di tempat atau fasilitas yang telah disediakan yaitu arena keluarga.

GOR Bogor Selatan ini hampir setiap harinya selalu dikunjungi warga, terutama ibu-ibu untuk mengajak anaknya bermain. Selain tempatnya yang luas, fasilitasnya juga terbilang lengkap, mulai dari areal parkir, toilet umum, ruang ganti. (adv)

Editor : Yosep

Berita Lainnya