25 radar bogor

Jembatan Satu Dibuka, Kendaraan Roda Dua Boleh Lewat

Jembatan Satu
Jembatan Satu tepatnya di ruas Jalan Ahmad Yunus, Kelurahan Sukaresmi, kembali dibuka pada Selasa (20/12/2022) pagi. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Jembatan Satu tepatnya di ruas Jalan Ahmad Yunus, Kelurahan Sukaresmi, kembali dibuka pada Selasa (20/12/2022) pagi.

Baca Juga : Masih Ditutup, Jembatan Satu Sukaresmi Tunggu Pengecoran

Lurah Sukaresmi, Nandang mengatakan, ruas jalan Jembatan Satu sudah dapat dilintasi kembali oleh kendaraan roda dua sejak pukul 07.00 WIB. “Insyallah sudah aman dilalui, setelah dicor tadi malam,” ujar Nandang saat ditemui Radar Bogor.

Dirinya mengatakan, pengecoran akan dilakukan kembali dalam beberapa hari ke depan. “Kemungkinan nanti malam akan dicor lagi untuk bagian bawahnya. Jadi kemungkinan nanti malam akan ditutup lagi saat pengecoran,” imbuhnya.

Nandang belum dapat memastikan, apakah ruas jalan tersebut dapat kembali dilalui kembali pasca pengecoran nanti.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sukaresmi Ade Abdul Rahman mengatakan, penutupan akibat pengecoran biasanya dilakukan pada pukul 22.00 WIB.

“Setiap ada pengecoran pasti kami monitoring dan atur lalu lintasnya. Pengecoran terdekat akan dilakukan pada bagian dasar Tembok Penahan Tanah (TPT). Selanjutnya, ke bagian atas agar tingginya sama dengan jalan,” tutur Ade.

Setelah pengecoran selesai, proses perbaikan dilanjutkan dengan penimbunan dan pengaspalan. Proses tersebut ditargetkan rampung pada akhir tahun mendatang.

Baca Juga ; Jembatan Satu Masih Ditutup, Warga Diminta Lewat Jalur Lain

“Berdasarkan informasi tahap pertama ditargetkan selesai akhir tahun, kemudian dilanjutkan kembali tahap keduanya di Januari 2023,” jelas dia.

Sebelumnya, longsor susulan terjadi di Jembatan Satu pada Selasa (6/12/2022). Akibatnya, tanah di bawah ruas itu berongga. Merespons kondisi itu pihak Kelurahan Sukaresmi dan LPM berinisiatif menutup jalan karena khawatir membahayakan warga. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep