25 radar bogor

Tambah Wawasan, Pelajar SMK Ibnu Sina Belajar Jurnalistik di Radar Bogor

SMK Ibnu Sina
Siswa dan siswi SMK Ibnu Sina bersama Kepsek Mohamad Sutisna dan Manager Pemasaran Radar Bogor M Iksan Halil, foto bersama di depan Graha Pena usai kunjungan, Jumat (9/12/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan siswa dan siswi SMK Ibnu Sina mendapat kesempatan belajar jurnalistik dan produksi konten media sosial di Graha Pena Radar Bogor Jl KH Abdullah Bin Nuh, Yasmin, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga : Sambangi Radar Bogor, Pelajar MAN 1 Kota Bogor Dalami Ilmu Jurnalistik

Para siswa dan siswi sekolah yang berlokasi di Curug Induk, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat itu, tampak antusias mengikuti kegiatan dalam rangkaian Open House Radar Bogor tersebut.

Mereka mendapat penjelasan mengenai bagaimana cara membuat berita di koran dan online, hingga teknik wawancara dari Redaktur Pelaksana www.radarbogor.id Yosep Awaludin R. Peserta juga mendapatkan materi mengenai proses percetakan koran dari Manager Pemasaran Radar Bogor M Iksan Halil.

Usai mendapatkan materi jurnalistik, para siswa dan siswi SMK Ibnu Sina berkesempatan berkeliling mengunjungi dapur redaksi Radar Bogor di Lantai 4 Graha Pena dan melihat aktivitas di Studio Radar Bogor Creatif Center.

Kepala SMK Ibnu Sina Mohamad Sutisna yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kunjungan ke Radar Bogor ini merupakan bagian dari program sekolah untuk memberikan wawasan lebih kepada para siswa dan siswinya.

“Tujuannya tentu untuk mengenalkan lebih jauh dan detail kepada mereka terkait dengan apa yang mereka dapatkan secara teori, kami tambahkan dengan langsung melihat bagaimana proses di lapangan yang sebenarnya,” tutur Sutisna.

Selain itu lanjutnya, kegiatan kunjungan ke media ini juga merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka bagaimana menyelaraskan kemampuan siswa dengan kebutuhan pasar.

“Artinya, jika sudah lulus mereka memiliki kemampuan yang dibutuhkan pasar, Makanya yang kami terapkan di sekolah adalah kurikulum pasar, bagaimana kami menyiapkan peserta didik ketika nanti memang mereka keluar, sudah siap untuk melaksanakan fungsinya sebagai masyarakat umum,” papar Sutisna.

Baca Juga : Pelajar SMK Gunung Sindur Perdalam Ilmu Jurnalistik di Radar Bogor

Ia berharap, hasil dari kunjungan ke Radar Bogor  bisa menambah wawasan para siswa dan siswi SMK Ibnu Sina. Terutama bagaimana menyikapi perubahan zaman dan informasi saat ini.

“Jadi menambah wawasan tidak hanya cukup di sekolah, perlu juga aktivitas dan kegiatan-kegiatan seperti kunjungan ke media ini,” pungkasnya. (ysp)

Editor : Yosep