25 radar bogor

Sambangi Radar Bogor, Pelajar MAN 1 Kota Bogor Dalami Ilmu Jurnalistik

Pelajar MAN 1 Kota Bogor berkunjung ke kantor Radar Bogor, Rabu (7/12). (Radar Bogor/ Imam Rahmanto)

BOGOR-RADAR BOGOR, Para pelajar dari MAN 1 Kota Bogor berkunjung ke Gedung Graha Pena, Rabu (7/12). Mereka sekaligus memperdalam ilmu jurnalistik dari para kru redaksi maupun wartawan Radar Bogor.

Pelajar tersebut tergabung dalam ekstrakurikuler Gabungan Jurnalis MAN 1 (Gajaman’s). Sebanyak 10 orang diajak berkeliling sembari melihat langsung proses kerja jurnalistik.

Baca Juga: Aviso SMAN 1 Ciomas Berkenalan Lebih Dekat dengan Profesi Jurnalis

Direktur Utama Gajaman’s Naila Salsabila mengatakan, anggota ekskul itu sebenarnya cukup banyak. Mereka semua telah mengagendakan belajar dan berkunjung langsung ke kantor Radar Bogor. Akan tetapi, sebagian anggota tak bisa hadir karena harus mengikuti praktik di sekolah.

“Kita senang banget bisa diajak keliling-keliling dan menambah ilmu pengetahuan baru. Terutama soal berita itu tadi, karena kita tahunya cuma basic-nya. Tadi bisa lebih mendalam,” ungkapnya, yang membawa semua personel perempuan.

Selain itu, mereka juga bisa melihat langsung studio podcast. Menurut Naila, mereka bisa belajar langsung bagaimana proses kreatif podcast tersebut. Lantaran sela ini mereka belum memaksimalkan podcast dengan berbagai perlengkapan maupun studio yang lebih ciamik.

“Kita akhirnya juga akan menerapkannya di sekolah kita, mulai mengaktifkan media sosial. Termasuk tadi berita dari suara-suara dibikin video itu juga akhirnya baru kepikiran,” tuturnya.

Ia pun berharap, ilmu dan pengalaman yang didapatkan dari kunjungan itu bisa langsung diterapkan. Produk jurnalistik Gajaman’s yang terbit dua kali dalam sebulan bisa ditingkatkan lagi kualitasnya.

Naila dan teman-temannya juga menginginkan agar kelak Gajaman’s tidak hanya menjangkau kalangan warga MAN 1 Kota Bogor. Melainkan lebih luas hingga seisi Kota Bogor.

Baca Juga: Pelajar SMK Gunung Sindur Perdalam Ilmu Jurnalistik di Radar Bogor

Manager Pemasaran Radar Bogor Ikhsan Halil sekaligus mendampingi perjalanan para pelajar itu. Mulai dari ruang redaksi, ruang konten di Radar Bogor Creative Center hingga ruang online shop yang dimiliki Pojoksatu, Radar Bogor Group.

“Ini masih dalam rangka open house, yang menjadi rangkaian HUT ke-24 Radar Bogor kemarin. Jadi, sampai akhir tahun kita masih buka dan sudah ada beberapa agenda kunjungan juga dari sekolah lainnya,” pungkasnya. (mam)

Editor: Imam Rahmanto