Bumdes Bhakti Kencana Kembangkan Bisnis Agrowisata Kaki Gunung Salak

Bumdes Bhakti Kencana siap mengembangkan bisnis Agrowisata di kaki Gunung Salak, Pamijahan, Bogor. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

PAMIJAHAN-RADAR BOGOR, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bhakti Kencana berupaya mengembangkan bisnis agrowisata kaki Gunung Salak di Desa Purwabakti, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Kenalkan Pariwisata Lewat Festival Kuliner dari 40 Kecamatan

Ketua Bumdes Bhakti Kencana, Herdiansyah menjelaskan, mulai tahun ini pihaknya membuat perjanjian kerja sama dengan Star Energy Geothermal Salak (SEGS), Ltd dalam membentuk unit bisnis agrowisata seperti atraksi wisata dalam lima tahun ke depan.

“Yang diakomodasi seperti pelatihan pengurus Bumdes, pengurus pengelola pariwisata, pelatihan pengurus home stay, itu dibiayai semua oleh SEGS,” kata pria yang disapa Ayong ini.

Menurutnya, kerja sama ini bukan pertama kalinya. Bhakti Kencana merupakan satu dari enam Bumdes bentukan perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Salak pada tahun 2018.

“Bhakti Kencana bahkan sempat menerima bantuan berupa mesin pendingin biji kopi dan mesin pengupas kopi basah di tahun 2021, berkat perkembangannya yang melesat cepat dibanding lima Bumdes lain,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Policy, Government, and Public Affairs Star Energy Geothermal, Nungki Nursasongko mengungkapkan Star Energy Geothermal Salak, Ltd berorientasi pada dampak positif dalam melaksanakan program pengembangan masyarakat.

“Semuanya ini untuk menciptakan dan menopang kehidupan dan mata pencaharian masyarakat di sekitar wilayah operasional kami,” jelasnya.

Dirinya berharap inovasi ekonomi yang digagas bersama Bumdes Bhakti Kencana dapat menjadi inspirasi pengembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bogor dan Jawa Barat.

Baca Juga: Warga Perumahan Mewah Legenda Wisata Keluhkan Pembangunan yang Langgar GSB

Seperti diketahui, unit bisnis agrowisata terbaru yang dikembangkan Bumdes Bhakti Kencana adalah Terasering Cisalada. Didirikannya wisata tematik berbasis budaya itu berhasil membuat Desa Purwabakti menjadi tuan rumah Jambore Wisata Desa 2022 yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya