25 radar bogor

Update Gempa Cianjur: 268 Meninggal Dunia, 151 Orang Hilang

Gempa Cianjur
Bangunan rusak dan korban berjatuhan dari gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Senin (21/11) lalu. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jumlah korban gempa bumi di Cianjur masih bertambah. Tercatat, sebanyak 268 korban meninggal dunia dari bencana gempa yang terjadi pada Senin (21/11) lalu.

Data itu dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Data tercatat dilaporkan pada Selasa (22/11), pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Gempa Cianjur, Empat Bocah Santri Tewas Tertimpa Bangunan Majelis

BNPB terus melakukan update korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Data sementara, jumlah korban meninggal dunia mencapai 268 jiwa dan 122 diantaramya sudah terindentifikasi.

Sementara itu, 151 jiwa masih dalam pencarian. Sebanyak 1.083 orang mengalami luka-luka dan 58.362 orang terpaksa mengungsi untuk menghindari potensi gempa susulan.

Gempa 5,6 Magnitudo berdampak pada 12 kecamatan. Sebanyak 6.570 rumah rusak ringan, 2.071 rusak sedang, dan 12.641 rusak berat.

Kepala BN Letjen TNI Suharyanto mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy melakukan tinjauan pascagempa ke beberapa lokasi terdampak, Selasa (22/11). Ia menekankan, pemerintah akan terus melakukan pendataan dan membangun rumah bagi warga terdampak.

“Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat akan diganti oleh pemerintah. Begitu tanggap darurat selesai, masuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Setelah itu baru membangun rumah-rumah masyarakat yang rusak berat,” garansinya dikutip Radar Bogor.

Termasuk juga infrastruktur pendukung lainnya, pemerintah tetap memberikan dukungan penuh. Misal sarana pendidikan, masjid, dan madrasah yang rusak.

Baca Juga: Pilu Gempa Cianjur, Pengungsi Tidur Bersama Jenazah

BNPB juga telah menempatkan satu helikopter dan dana siap pakai sebesar Rp1,5 miliar dan bantuan logistik senilai Rp500 juta. Helikopter disiapkan untuk distribusi logistik ke daerah yang masih terisolir sembari membuka jalan dari darat. (*/mam)