25 radar bogor

Resmi Dilantik, HA IPB Punya Cabang di Belanda

HA IPB
Pelantikan pengurus HA IPB cabang Belanda.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) IPB University melanjutkan pengembangan jaringan alumni dan konsolidasi organisasi pada lingkup global. Giliran DPC Internasional HA IPB Belanda yang dilantik secara resmi.

Ketua Umum DPP HA IPB, Walneg S Jas melantik langsung kepengurusan Negeri Kincir Angin Aula KBRI Belanda, Sabtu (19/11) kemarin.

Baca Juga: Halal Bihalal, HA IPB Kota Bogor Perkuat Database Anggota

“Dari 40 negara jaringan diaspora alumni IPB, DPP HA IPB menargetkan untuk meningkatkan status sebanyak 15 negara yang saat ini sebagai kordinator diaspora menjadi DPC Internasional HA IPB,” jelas Walneg lewat keterangan resmi diterima Radar Bogor, Minggu (20/11).

Ketua DPCI Belanda periode 2022-2026 dijabat Micha Gracianna Devi didampingi Sekretaris Ditta Hakha Soleha. Itu sekaligus menjadikan Belanda sebagai DPCI keempat yang dilantik Walneg dari target 15 DPCI sampai tahun 2025 mendatang.

“Pelantikan ini memiliki makna yang sangat strategis bagi HA IPB. Antara lain sebagai wujud konkret pengembangan jaringan internasional, sebagai dukunhan untuk peningkatan reputasi dan kerjasama internasional IPB. Tidak kalah pentingnya adalah sebagai wadah fasilitasi akses dan pendampingan mahasiswa IPB alumni muda untuk mengakses pendidikan dan dunia kerja di tingkat global,” papar Walneg.

Sementara itu, Atdikbud RI untuk Kerajaan Belanda, Agus Setiabudi sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelantikan DPCI Belanda HA IPB ini. Menurutnya, HA IPB sudah go global dan punya banyak program.

“Kami siap bekerja sama, misalnya dalam bidang peningkatan jejaring diaspora, mendorong kerja sama penelitian, ataupun pendampingan akses kuliah ke belanda bagi alumni IPB dan generasi muda Indonesia,” kata Agus.

Rektor IPB University Arif Satria juga mengapresiasi penuh pelantikan itu. Arif bangga dengan semakin banyaknya representasi jaringan diaspora alumni IPB dalam bentuk DPCI di luar negeri.

“Semoga akan semakin mendukung ikhtiar kita untuk menjadikan alumni IPB mendunia. Bukan untuk gagah-gagahan, melainkan untuk memberikan manfaat yang lebih banyak bagi IPB, Indonesia bahkan dunia,” kata Arif secara daring.

Baca Juga: DPP HA IPB Gandeng BLST, Tandatangani MoU dan PKS

Pelantikan dan pengukuhan DPCI HA IPB Belanda juga dirangkaikan dengan pameran internasional HA IPB yaitu program IBA-X di RAI Amsterdam yang rencananya akan digelar pada tanggal 22-23 November ini.

HA IPB melalui Badan Otonomnya ABC HA IPB membawa 100 produk pangan alumni IPB beserta produk jaringan kemitraan mengikuti pameran internasional Free From Functional Healthy Food and Ingredient yang digelar di Belanda.(*/mam)

Editor: Imam Rahmanto