25 radar bogor

Selain Mahasiswa IPB, Warga Sipil Juga Banyak Jadi Korban Penipuan Pinjol

pelaku penipu mahasiswa IPB
Tersangka penipuan pinjol yang menjerat ratusan mahasiswa IPB, SAN (29) di giring petugas di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jumat (18/11/2022). HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG – RADAR BOGOR, Selain ratusan mahasiswa IPB dan mahasiswa kampus lain, warga sipil pun banyak yang menjadi korban penipuan dan penggelapan uang oleh tersangka SAN, yang kini telah diamankan di Polres Bogor.

Baca Juga : Polisi Ungkap Modus Penipuan Pinjol yang Jerat Ratusan Mahasiswa IPB

Berdasarkan hasil penyelidikan, ada sebanyak 317 orang korban termasuk 116 mahasiswa IPB dengan total kerugian yang ditimbulkan pelaku mencapai Rp. 2,3 miliar.

“Total korban dari perbuatan pelaku sebagaimana yang dilaporkan di kami 317 orang, itu dari beberapa mahasiswa di universitas yang berbeda, kemudian laporan dari Polresta Kota Bogor sebagian korban juga ada yang masyarakat biasa,” kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin dalam keterangannya di Mako Polres Bogor, Cibinong, Jum’at, (18/11/22).

Selain digunakan untuk kebutuhan pribadi, lanjut Iman, uang hasil kejahatan menipu mahasiswa IPB itu gunakan pelaku untuk membeli sebuah mobil. Sebagian lainnya untuk menutupi utang dari para korban.

Baca Juga : Ini Sosok SAN, Wanita Terduga Penipu Ratusan Mahasiswa IPB 

Sementara Sat Reskrim Polres Bogor masih terus mencari fakta baru adanya keterlibatan pihak lain di dalam aksi si pelaku.

“Selanjutnya dari fakta hukum yang diperoleh oleh para penyidik, kami sudah menetapkan satu orang tersangka atas nama SAN dengan persangkaan pasal 373 dan 378 KUHPidana dengan ancaman 4 tahun penjara,” tukas Kapolres. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep