25 radar bogor

Presiden Jokowi Pastikan Indonesia Tidak Kena Sanksi FIFA

Presiden Jokowi soal sanksi FIFA
Foto Presiden Jokowi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tragedi Kanjuran dipastikan tidak kena sanksi FIFA. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi setelah mendapatkan surat dari federasi sepak bola dunia tersebut, sebagai tindaklanjut pembicaraan lewat telepon beberapa hari lalu.

Baca Juga : Petugas Pengamanan VIP Tragedi Kanjuruhan Akui Stadion Overload

“Kemarin saya menerima surat dari FIFA, ini adalah tindaklanjut dari hasil pembicaraan saya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022 lalu,” kata Presiden Jokowi dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (7/10/2022).

Selain itu rencananya akan berkolaborasi antara FIFA, AFC dan Pemerintah Indonesia.

“Kemarin saya menerima surat dari FIFA, ini adalah tindaklanjut dari hasil pembicaraan saya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022 lalu,” kata Joko Widodo dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat 7 Oktober 2022.

“Berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillah sepakbola Indonesia tidak dikenakan sanksi FIFA atas tragedi Kanjuruhan,” ujarnya.

Selanjutnya, FIFA akan berkolaborasi dengan AFC dan Pemerintah Indonesia membentuk Tim Transformasi Sepakbola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan. “FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut,” jelasnya.

Selain itu, ada lima langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, AFC dengan Pemerintah Indonesia demi sepakbola Indonesia. Pertama, membangun standar keamanan stadion untuk stadion-stadion yang ada di Indonesia.

Kedua, memformulasikan standar-standar protokol dan prosedur keamanan yang dilakukan pihak kepolisian sesuai standar keamanan internasional.

Ketiga, melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub sepakbola di Indonesia termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama.

Keempat, mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada.

Baca Juga : Pasca Tragedi Kanjuruhan, PSSI Klaim FIFA Tak Pernah Membahas Soal Sanksi

Kelima, menghadirkan sebuah pendampingan dari para ahli di bidangnya masing-masing.
Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino akan berkunjung dalam waktu dekat.

“Nanti, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,” terang Presiden Jokowi. (net/dis)

Editor : Yosep