25 radar bogor

Petugas Pengamanan VIP Tragedi Kanjuruhan Akui Stadion Overload

Nining saat menyelamatkan salah seorang suporter. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Salah satu petugas yang bertugas dalam tim pengamanan dalam tragedi Kanjuruhan menyebut ada keanehan di tribun VIP dan VVIP.

”Sebagian besar penonton di tribun VIP dan VVIP tidak mendapatkan tempat duduk,” aku Ipda Nining, Kepala SPKT Polres Malang, Jumat (7/10).

Padahal pada pertandingan sebelum-sebelumnya, para penonton di tribun VVIP mendapatkan kursi untuk duduk. ”Mereka (suporter) naik pagar sampai kami lelah menyuruh turun. Yang ada anggota kami ditantang berkelahi,” ujar Nining.

Dalam tragedi yang berawal dari pertandingan BRI Liga 1 antara Arema vs Persebaya itu, Nining menyebut, dirinya bertugas sebagai pengamanan dalam (pamdal) di tribun VIP dan VVIP.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan, Polri Berdalih Gas Air Mata Ditembakkan karena Suporter Anarkis

Dia mengaku baru kali ini melihat tribun yang dia amankan tersebut penuh orang dan berdesak-desakan.

Pengakuan Nining selaras dengan penetapan Ketua Panpel Arema Abdul Haris sebagai tersangka. Abdul ditetapkan sebagai tersangka akibat penjualan tiket yang melebihi kapasitas Stadion Kanjuruhan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, kapasitas Stadion Kanjuruhan kelebihan 5 ribu orang ketika pertandingan BRI Liga 1 antara Arema vs Persebaya digelar pada Sabtu (1/10).

”Ditemukan fakta juga penonton yang kemarin datang hampir 42.000. Terjadi penjualan tiket over capacity. Seharusnya 38.000 penonton, namun dijual 42.000 (penonton),” ujar kapolri, Kamis (6/10). (*)

Editor: Rany