Selidiki Keterlibatan Teroris Dalam Perampokan Toko Emas di ITC BSD, Polda Gandeng Densus 88

Ilustrasi Perampokan toko emas
Ilustrasi Perampokan toko emas

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kasus perampokan toko emas ITC BSD, Tangerang Selatan, saat ini tengah dalam penyelidikan Polda Metro Jaya.

Baca Juga : Operasi Zebra Lodaya 2022 di Bogor Mulai Senin, Ini Sasaran Pelanggarannya

Polda Metro Jaya menggandeng Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dalam penyelidikan perampokan toko emas itu. Hal ini dilakukan untuk menelusuri kemungkinan adanya keterkaitan dengan kelompok teroris.

“Kita menggandeng Densus 88, untuk mendalami apakah ada keterkaitan dengan jaringan teror,” kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi kepada wartawan, Sabtu (1/10/2022).

Pendalaman tersebut dilakukan karena komplotan tersebut merupakan spesialis perampokan toko emas. Dikhawatirkan hasil curian dipakai mendanai aksi terorisme.

“Kecurigaan karena pengalaman terdahulu, sasaran fai (pendanaan teror) biasanya dengan cara merampok bank dan toko emas,” jelas Hengki.

Dugaan itu muncul karena komplotan ini sudah beraksi setidaknya 3 kali di toko emas yang berbeda. Modusnya pun sama menggunakan senjata api.

Sebelumnya, tim gabungan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya dan Satreskrim Polres Tangerang Selatan akhirnya menangkap para perampok toko emas di ITC BSD, Tangerang Selatan. Sudah 4 orang yang ditangkap.

Mereka yakni S, 37; TH, 37; MK, 33; dan H, 34. Mereka ditangkap di tiga lokasi berbeda yaitu Leuwisadeng (Jawa Barat), Grobogan (Jawa Tengah), dan Benda (Tangerang-Banten).

Baca Juga : Pengamanan Lapas Gunung Sindur Berlapis, Dijaga Brimob Polda Jabar

“Kami melakukan analisis dan penyelidikan berupa cek TKP, CCTV, dll. Kemudian Tim gabungan mendapatkan petunjuk berupa data-data para pelaku,” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi saat dikonfirmasi, Jumat (30/9).

Hengki mengatakan, para pelaku memiliki peran berbeda-beda. Seperti eksekutor, pilot atau pengawas lokasi saat beraksi, dan penyedia senjata api. (jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya