Mahasiswa UNB Ajak Warga Kelola TPS Jadi Taman Bunga

BOGOR-RADAR BOGOR, Mahasiswa Universitas Nusa Bangsa (UNB) menggelar program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di RW 8 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu bulan sejak 27 Agustus-26 September 2022.

Dalam programnya, mereka mengadakan berbagai program pengolahan sampah dan sumber daya alam dengan mengusung tema “Pengembangan Inovasi Melalui KKNT Dalam Pemberdayaan Masyarakat RW 08 Kelurahan Cibadak”.

Inovasi pengelolaan sampah yang diberikan pada masyarakat, di antaranya mengelola bekas Tempat Penampungan Sampah (TPS) menjadi taman bunga, sosialisasi pada pemilahan sampah pada siswa SD-SMP, pemanfaatan sampah botol plastik menjadi karya seni,

Baca juga: Tuntaskan Masalah Sampah, UNB Bersama DLH Ajak Warga Cibadak Budidaya Maggot  

Selain itu, mereka juga mensosialisasikan pemanfaatan bunga telang dan buah pala yang banyak ditemukan di Kampung Kukupu menjadi sirup, dan juga mengelola sampah organik melalui budidaya maggot.

Ketua KKN, Dion Mardinata mengatakan, program ini bertujuan mengurangi volume sampah yang dibawa ke TPA.

Di samping itu, dirinya mengatakan kegiatan ini juga bermanfaat untuk menambah pundi-pundi pendapatan warga.

“Kami juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terlalu berlebihan dalam memproduksi sampah,” ujarnya.

Lurah Cibadak, Herry Chaerudin mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, program KKNT inisiasi mahasiswa UNB tersebut dapat menambah wawasan.

Baca juga: Tim PKM UNB Ajak Pengelola Sampah Mengenal Budidaya Maggot di DLH

“Program KKN ini alhamdulillah sukses, warga bisa bertambah wawasannya, yang tadinya tidak tahu, menjadi tahu, yang tadinya tidak bagus menjadi bagus berkat keilmuan mahasiwa dan dampaknya bisa dirasakan masyarakat sini,” ujar Herry. (mg1/ mg2)

Editor: Rany

Berita Lainnya