logo radar

Perkuat Sistem Pengembangan Usaha Kelompok UPPKS Matahari, Ini yang Dilakukan IBI Kesatuan

UPPKS
Dalam rangka Program Pengabdian Kepada Masyarakat, IBI Kesatuan melaksanakan kegiatan pelatihan Kelompok UPPKS Matahari RW 02 pada Minggu (11/9) di Balai Desa Bitungsari Ciawi, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dalam rangka Program Pengabdian Kepada Masyarakat, IBI Kesatuan melaksanakan kegiatan pelatihan Kelompok UPPKS Matahari RW 02 pada Minggu (11/9) di Balai Desa Bitungsari Ciawi, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : IBI Kesatuan Bogor Dukung Kemenparekraf Tingkatkan Desa Wisata Unggul dan Berkelanjutan

Dengan mengusung tema “Pengembangan Usaha Melalui Perbaikan Sistem Tata Kelola, Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan, dan Pemanfaatan Teknologi”, IBI Kesatuan menggelar pelatihan Kelompok UPPKS Matahari merupakan Program Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Ketua pengusul program, Dr Sutarti menyebutkan, pelatihan Kelompok UPPKS Matahari ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Desa Bitungsari.

“Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra terutama dalam pengelolaan organisasi mitra sebagai unit pengelola, dan pengelolaan usaha pada anggota mitra, peningkatan komptetensi kewirausahaan, serta pengembangan pemberdayaan usaha anggota mitra melalui media sistem informasi berbasis digital pada UPPKS Matahari Desa Bitungsari RW 02 ini,” urai dia.

Oleh karenanya kegiatan ini memberikan pelatihan terkait tata kelola dan pemanfaatan sistem informasi pada organisasi mitra dan anggota, pelatihan wirausaha dan pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan usaha yang dimiliki oleh Ibu-Ibu yang tergabung dalam kelompok UPPKS.

Pelatihan terkait tata kelola organisasi terdiri dari tata kelola keuangan dan tata kelola manajemen, Pelatihan wirausaha memberikan pemahaman terkait bagaimana menumbuhkan keinginan berwirausaha dan bagaimana berwirausaha dengan baik, pelatihan pemanfaatan teknologi memberikan literasi penggunaan teknologi digital dan membangun/merancang sebuah web dan fitur digital sebagai sarana informasi organisasi mitra dan pemasaran produk-produk usaha yang dihasilkan oleh usaha yang dimiliki oleh Ibu -Ibu anggota UPPKS.

Dia kembali menjelaskan, pelaksanaan pelatihan ini merupakan bagian dari beberapa rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan sejak bulan Mei 2022 dengan sebelumnya dilakukan pendataan, wawancara, dokumentasi, pembuatan situs web dan pembuatan sosial media beserta kontennya.

“Melalui perbaikan tata kelola, pengembangan kompetensi wirausaha dan keterampilan penggunaan teknologi, ibu-ibu pelaku UMKM dapat meningkatkan produktifitas usaha dan meningkatkan kapasitas usahanya,” tambah dia.

Setelah kegiatan pelatihan selesai, program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilanjutkan dengan pendampingan unit UMKM yang tergabung dalam UPPKS Matahari oleh para fasilitator dari IBI Kesatuan.

“Para pelaku UMKM tersebut akan dibina dan dibimbing untuk meningkatkan kapasitas usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital, diantaranya website dalam bentuk marketplace, instagram marketing, Facebook Marketing dan tiktok. Mereka juga dibina dan dibimbing untuk mengembangkan kemasan dan merek produknya,” tandasnya.

Sekretaris Desa Bitungsari, Mulya Agung memberikan apresiasi kepada IBI Kesatuan atas pembinaan yang telah diberikan kepada anggota kelompok UPPKS Matahari RW 02 di Desa Bitungsari.

Baca Juga : IBI Kesatuan Luncurkan Program Studi Magister Akuntansi

Dia berharap Kelompok UPPKS Matahari ini dapat berkembang pesat dengan fasilitas teknologi yang dibina oleh IBI Kesatuan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Kelompok UPPKS Matahari RW 02, Heni Rosliah. Dia mengungkapkan rasa terimakasih dan penghargaan kepada IBI Kesatuan yang telah membantu anggotanya dalam mengembangkan usaha dan bantuan peralatan berupa 2 unit laptop, 1 unit printer dan Alat Tulis Kantor. (*/adv)

Editor : Yosep

Berita Lainnya