Staf DLH Kota Bogor Rutin Pungut Sampah, Kumpulkan Paling Banyak Dapat Hadiah  

Aksi staf DLH Kota Bogor menjaga lingkungan secara rutin.

BOGOR-RADAR BOGOR, Komitmen Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menjaga kebersihan dan keindahan Kota Bogor tidak hanya diwujudkan lewat kebijakan di balik meja saja melainkan juga secara langsung turun ke lapangan.

Kepala DLH Kota Bogor, Denni Wismanto rutin mengajak stafnya untuk turun ke lapangan, menyusuri pedesterian dan kawasan publik melakukan aktifitas plogging atau memungut sampah.

Baca Juga: Warga Cimahpar Kompak Kelola Sampah Jadi Barang Bermanfaat

Kegiatan tersebut rutin dijalankan DLH setiap pekan yakni pada Jumat pagi. Plogging diikuti secara bergantian oleh para staf yang ada di masing-masing bidang sejak pukul 07.30-09.00 WIB.

Denni mengatakan, gerakan ini sengaja dicetuskannya sebagai bentuk kegiatan olahraga sekaligus sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan.

“Para staf biasanya hanya di kantor dan duduk lama, makanya saya ajak mereka berjalan agar dapat berolahraga. Tapi bukan hanya olahraga biasa melainkan yang membawa manfaat bagi lingkungan, jadi kita lakukan sembari memungut sampah,” jelas Denni kepada Radar Bogor pada Senin (19/9).

Ia menyebutkan, aktivitas itu rutin digelarnya sejak dua bulan lalu. Tempat-tempat yang dituju diantaranya kawasan Suryakencana dan Alun-Alun Kota Bogor. Gerakan plogging dimulai dan berakhir kembali di Kantor DLH, Bogor Tengah.

“Sebanyak 50-60 staf berpartisipasi. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok, setelah itu berbagi tugas. Sampah yang kami pungut adalah sampah-sampah plastik dan puntung rokok,” terangnya.

Dalam aksinya, para staf menggunakan sebuah alat pencapit untuk memungut sampah-sampah yang ditemuinya di jalan.

Denni mengungkapkan, dalam sekali perjalanan ia bersama timnya dapat mengumpulkan sebanyak 15-25 kilogram sampah plastik. Kelompok yang berhasilkan sampah terbanyak akan diberikan hadiah olehnya.

Tak sendirian, gerakan plogging tersebut juga diminati oleh sejumlah komunitas lain. Tak jarang DLH berkolaborasi dengan komunitas lain seperti Bogor Hejo, manager hotel, dan Pramuka. Terdekat, DLH akan menggandeng Bank yang ada di Kota Bogor untuk bergerak bersama dalam kegiatan plogging.

Baca Juga: Mahasiswa IPB Gandeng Majelis Taklim di Cibanteng Kelola Sampah Makanan Skala Rumah Tangga

Denni berharap aksi rutinnya dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Sembari memungut, kita sosialisasi dan edukasi masyarakat. Semoga ini bisa merubah pola pikir mereka yang suka membuang sampah sembarangan,” ujarnya. (cr1)

Berita Lainnya