Peringati HUT ke-77 PMI, Ribuan Warga Senam Massal di Sempur

PMI
Warga mengikuti senam massal dalam rangka HUT PMI ke 77 di Lapangan Sempur, Minggu (18 /09/2022). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Ribuan warga tumpah ruah mengikuti senam massal yang diadakan PMI Kota Bogor di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (18/9/2022) pagi.

Baca Juga : HUT PMI, 7 Tokoh Kota Bogor Diganjar Piagam Kemanusiaan

Kegiatan senam massal itu merupakan puncak Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-77 tahun yang dilakukan secara perdana pasca pandemi Covid-19.

“Kegiatan yang melibatkan massa ini perdana, karena dua tahun sempat tertunda karena pandemi. Alhamdulillah respon masyarakat sangat tinggi,” kata Ketua PMI Kota Bogor Edgar Suratman kepada wartawan, Minggu (18/9/2022).

Menurutnya, selain melakukan kegiatan senam massal PMI Kota Bogor juga mengadakan promosi kesehatan, donor darah, hingga pemeriksaan kesehatan gratis.

Edgar menjelaskan, puncak HUT ke-77 PMI sengaja dipusatkan di Lapangan Sempur karena menjadi pusat kegiatan masyarakat saat ini. Dimana, selama dua tahun terakhir masyarakat harus menahan diri karena sejumlah taman publik di tutup pemerintah saat pandemi.

“Intinya menunjukan kehadiran PMI dan eksistensi PMI, makanya moment HUT sekaligus sosialisasi, dengan melakukan senam masal,” ucap Edgar.

Dalam kesempatan itu, dilanjutkan Edgar juga sekaligus menyampaikan pesan Ketua Umum Jusuf Kalla bahwasanya PMI kedepan harus lebih mengedepankan karya nyata, aksi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jadi tidak hanya seremonial saja. Tentunya ikhlas dalam melakukan kegiatan,” imbuhnya.

Selain itu, Edgar menambahkan pesan yang disampaikan Jusuf Kalla juga menekankan pada kepercayaan sebagai modal untuk terus menebar kebaikan. Oleh sebab itu PMI harus menunaikan amanah masyarakat dengan ikhlas, profesional, transparan, dan akuntabel.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam memperingati puncak HUT ke-77 PMI yakni santunan yatim piatu, donor darah, karya tulis ilmiah bagi pelajar dan mahasiswa hingga pelatihan relawan.

“(Kami) juga bekerjasama dengan berbagai elemen, baik perguruan tinggi, sebagai upaya peningkatan layanan donor darah maupun sinergitas berbagai bidang yang beririsan dengan kepalang merahan,” katanya.

Kedepan, masih kata Edgar dalam momentum HUT PMI ingin lebih menjaga, memelihara tingkat pelayanan yang lebih maksimal, terutama dalam menjaga ketersediaan stok darah.

Baca Juga : Aneka Perlombaan Relawan Meriahkan Peringatan HUT PMI ke-77

“Tidak hanya melayani (stok darah) Kota Bogor tetapi juga wilayah Depok, Cianjur Sukabumi, dan sekitarnya. Kedua, kualitas relawan harus ditingkatkan baik kapasitas kualitas maupun kuantitasnya,” jelasnya.

Saat ini, PMI Kota mendukung Dinas Kesehatan Kota Bogor dalam penanggulangan penyakit menular, untuk melakukan identifikasi penyakit seperti ISPA, DBD, flu burung, hingga penyakit yang berpotensi pandemi.

“Trust ke PMI benar-benar bisa terwujud, profesional, integritas, mandiri dan dicintai masyarakat,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep

Berita Lainnya