25 radar bogor

HUT PMI ke-77, Puluhan Pelajar Dilatih Bantuan Hidup Dasar

PMI
Puluhan pelajar mengikuti pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di RS PMI Bogor, Kamis (15/09/22). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Peringati Hari Ulang Tahun PMI ke-77 tahun, Rumah Sakit (RS) PMI gelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Kalla Ballroom Kamis (15/9/2022).

Baca Juga : Buka Donor Darah di The Jungle, PMI Kumpulkan 23 Kantung Darah

Ketua Pelaksana PMI Accelerator Week, drg. Ayunda Dwi Rahmawati mengatakan, pelatihan tersebut diberikan agar para pelajar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi kegawatdaruratan.

Ayunda mengutarakan pihaknya seringkali menemukan adanya keterlambatan dalam penanganan dan juga adanya kesalahan perlakuan seorang penderita sebelum datang ke fasilitas kesehatan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu peserta mempunyai semangat kemanusiaan, serta keterampilan kegawatdaruratan,” jelasnya.

Sebelum mendapatkan praktek BHD para peserta diberikan pemaparan materi mengenai prinsip dasar palang merah dan penerapannya. Setelah itu dilanjutkan dengan teori BHD.

Selanjutnya para peserta melakukan praktek BHD. Lewat praktek ini para peserta diharapkan mampu melindungi dirinya sendiri, korban, dan lingkungan, dapat mengecek respon orang yang butuh bantuan, meminta bantuan dengan menhubungi 119 atau RS terdekat.

Selain itu peserta juga mampu menilai pernapasan, pijat jantung luar, serta dapat memposisikan korban dengan posisi pemulihan (recovery position).

Direktur Keuangan RS PMI Bogor, dr Mochamad Arfan menekankan keterampilan dan kemampuan BHD memang amat penting dimiliki oleh masyarakat. Ia menilai pertolongan pertama yang diberikan tidak hanya dapat membantu pasien namun juga petugas medis.

Dirinya berharap adanya dukungan pemerintah daerah untuk menempatkan alat pertolongan pertama  di tempat-tempat umum yang mudah terjangkau dan terlihat.

“Kegiatan ini juga bisa dilaksanakan di semua unit yang ada di masyarakat seperti sekolah dan kantor. Ini penting dilakukan karena masyarakat dapat mengetahui tata cara yang benar sehingga tidak menimbulkan keburukan. Pertolongan pertama juga dapat menekan angka kematian,” paparnya.

Sebanyak 106 pelajar hadir dalam pelatihan ini. Mereka tak hanya datang dari Kota Bogor melainkan juga daerah Kabupaten Bogor bahkan DKI Jakarta.

Pelatihan BHD ini berlangsung sebanyak 3 kali, dan akan kembali dilaksanakan pada Jumat (16/9/2022) dan Minggu (18/9/2022). Selain pelajar pelatihan BHD juga akan disampaikan kepada mahasiswa serta masyarakat umum.

Baca Juga : PMI Jalin Kerja Sama dengan Universitas Nusa Bangsa, Tingkatkan Relawan Donor Darah

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara event PMI Accelerator Week yang dilaksanakan pada 7-17 September 2022. Selain pelatihan BHD, RS PMI juga menyelenggarakan berbagai perlombaan di antaranya lomba fotografi kemanusiaan dan kesukarelaan, lomba keterampilan BHD lanjutan, serta lomba simulasi bencana K3 rumah sakit.

Lewat PMI Accelerator Week, RS PMI Bogor ingin menanamkan nilai-nilai kepalangmerahan sehingga masyarakat dapat terus bekerja sama, tolong menolong, dan menjaga perdamaian sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep