logo radar

Ratusan Peserta Pembekalan Kader Rakyat Terlatih ‘Digembleng’ Bela Negara

Pembekalan Kader Rakyat Terlatih
Sebanyak 184 peserta dari seluruh Indonesia mendapatkan pelatihan Bela Negara yang dikemas dalam kegiatan ‘Pembekalan Kader Rakyat Terlatih 2022’.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 184 peserta dari seluruh Indonesia mendapatkan pelatihan Bela Negara yang dikemas dalam kegiatan ‘Pembekalan Kader Rakyat Terlatih 2022’.

Baca Juga : Perjuangkan Nasib Tenaga Honorer, Bima Arya Temui Menpan-RB

Adapun kegiatan Pembekalan Kader Rakyat Terlatih yang diinisiasi Staf Teritorial TNI AD (Sterad) itu dilakukan di Hotel Green Forest, Kota Bogor, selama tiga hari mulai 14-16 September 2022.

Perwira Pembantu (Paban) VI Wanwil Sterad Kol Arm Rama Hendarto Budhiyanto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan secara dini untuk mempertahankan NKRI dengan melibatkan masyarakat.

“Kegiatan dilakukan selama tiga hari, ini juga untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat,” kata Budhiyanto, Selasa (13/9/2022).

Ada beberapa kegiatan yang telah disiapkan, mulai dari pembekalan media sosial, membangun karakter bangsa, pembekalan Pancasila untuk mencegah tangkal radikalisme.

Kemudian, pengenalan penggunaan drone, pengenalan navigasi darat, hingga diajarkan bagaimana penanggulangan bencana alam akibat perubahan iklim.

“Untuk pengelolaan media sosial kami berharap memiliki kemampuan kecakapan digital dalam menangkal berita hoaks, paling tidak buat dia sendiri atau keluarganya dan lingkungan sekitar. Terutama yang mengarah memecah NKRI,” jelasnya.

Sedangkan, dilanjutkan Budhiyanto pembekalan penanggulangan bencana sendiri dilakukan agar mereka memahami bagaimana menghadapi perubahan iklin dan menghadapi bencana.

Seperti diketahui, saat ini sudah memasuki masuk musim penghujan yang sangat berpotensi terjadi bencana baik longsor, dan banjir.

“Seluruh peserta menyiapkan acara khusus di malam hari Api Unggun Semangat Bela Negara, ditambah pembentukan karakter melalui psikologi kepemimpinan atau ketangkasan bagaimana bekerjasama,” ucapnya.

Budhiyanto menjelaskan, setiap warga negara Indonesia wajib ikut dalam upaya bela negara. Bela negara merupakan sikap dan tindakan warga negara dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai ancaman.

“Jadi membela negara merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara. Penjelasan tentang (pembekalan dengan melibatkan masyarakat) tertuang dalam UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara,” jelasnya.

Baca Juga : Sekolah di Bogor Dipulangkan Lebih Awal Imbas Demo BBM, Bima Arya Bilang Begini

“Kami punya slogan Bala Negara Tugas Bersama. Kami selaku AD memiliki kewajiban menyiapkan secara dini seluruh komponen pertahanan negara. Untuk memperkuat dengan memberikan keahlian dan pengetahuan, dan keahlian mengutamakan militer dasar, mitigasi darat, hingga perkembangan media sosial turut menjadi bagian bela negara,” sambungnya.

Rencananya kegiatan Pembekalan Kader Rakyat Terlatih tersebut dibuka langsung oleh Asisten Teritorial Kepala Staff Angkatan darat (Aster Kasad), Mayor Jendral TNI Karmin Suharna. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep

Berita Lainnya