Rapimnas Gerindra Sepakati Prabowo Subianto Capres 2024, Tak Ada Nama Lain

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

BOGOR-RADAR BOGOR, Ketua Dewan pembina yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dikukuhkan menjadi capres pada Pilpres 2024.

Baca Juga : Prabowo Subianto Disebut Kandidat Kuat Capres 2024, Pengamat Ungkap Alasannya

Pengukuhan Prabowo Subianto jadi Capres 2024 dilakukan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jumat (12/8/2022).

Jalannya rapimnas berlangsung lancar. Setelah rapimnas dibuka, dilanjutkan forum tertutup. Di situ, panel memberikan kesempatan kepada jajaran pengurus dari berbagai daerah untuk menyampaikan pendapatnya terkait calon yang diusung Partai Gerindra.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, forum penyampaian pendapat itu merupakan wujud dari komitmen prinsip demokratis di partai. Meski sudah banyak kader yang menyampaikan sikapnya di hadapan media, Prabowo Subianto tidak ingin percaya begitu saja.

Untuk itu, dalam rapimnas, Prabowo Subianto ingin mendengar secara langsung. Hasilnya, seluruh DPD Gerindra menyepakati hal tersebut. ”Seluruh yang menyampaikan pandangan, hanya tunggal namanya Prabowo Subianto. Tidak ada nama lain,’’ ujarnya saat ditemui di sela-sela rapimnas.

Muzani menyebut, ada tiga pertimbangan yang menjadi alasan para kader kembali mengusung Prabowo. Pertama, berdasar survei berbagai lembaga, mantan Danjen Kopassus itu merupakan tokoh Gerindra yang paling populer, paling diminati, dan paling disukai.

Kedua, lanjut dia, kinerjanya sebagai menteri pertahanan dianggap memberi makna positif bagi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. ”Kemudian (ketiga) beliau tidak pernah bergeser dari komitmennya untuk menjaga keutuhan NKRI. Itulah alasan kader,’’ imbuhnya.

Rencananya, lanjut Muzani, pencalonan Prabowo Subianto akan dikukuhkan pada hari ini. Pihaknya juga mengundang rekan koalisi, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), untuk hadir.

Baca Juga : Prabowo Akan Umumkan Pencapresan di Rapimnas, NasDem: Semakin Cepat Semakin Baik

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menambahkan, kehadiran PKB dalam rapimnas sekaligus untuk meneken piagam deklarasi kedua partai. Khususnya terkait program. Sementara untuk cawapres, Dasco menyebut belum akan dideklarasikan. Sebab, Gerindra punya mekanisme tersendiri.

”Untuk hal lain mengenai masalah calon wakil presiden itu kemudian ditetapkan dalam satu forum yang memang sudah ditetapkan dalam AD/ART sesudah ini,’’ tuturnya.

Waktunya akan dirumuskan bersama partai lain. Tak hanya PKB, Gerindra juga membuka komunikasi dengan partai lain. (jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya