logo radar

Prabowo Subianto Disebut Kandidat Kuat Capres 2024, Pengamat Ungkap Alasannya

Prabowo Subianto
Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Prabowo Subianto disebut kandidat kuat untuk jadi calon presiden 2024.  Hal itu disampaikan, pengamat politik dan peneliti Indonesia, Muhammad Qodari.

Baca Juga : Prabowo Akan Umumkan Pencapresan di Rapimnas, NasDem: Semakin Cepat Semakin Baik

“Seperti yang saya katakan berkali-kali, calon presiden yang paling pasti pada hari ini yang bisa maju adalah Prabowo Subianto,” ujar M. Qodari saat diskusi Total Politik di Warunk WOW KWB, Jakarta Selatan, Minggu (7/8/2022).

Berdasarkan pengamatannya, Menteri Pertahanan Indonesia itu pantas untuk maju sebagai Calon Presiden lantaran memiliki dua kriteria yang sangat kuat, yakni dari segi elektabilitas dan partai politik.

“Karena dia dari Gerinda, kursinya juga besar, 78 kursi berpasangan dengan partai menengah manapun maka bisa maju sebagai calon,” jelas Qodari.

“Yang papan atas itukan tiga nama, yaitu Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar,” sebutnya.

Dari ketiganya, Qodari mengatakan bahwa nama Prabowo Subianto sebagai kandidat yang memiliki elektabilitas tertinggi dari dua nama tersebut.

Hal itu juga diperkuat dengan Hasil Survei Center for Political Communication Studies (CPCS).

Pada hasil tersebut menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto menempati posisi pertama dengan capaian persentase sebesar 23,1 persen, lalu disusul oleh Anies dan Ganjar dengan persentase 20,4 persen dan 20 persen.

Baca Juga : Diusung Jadi Capres 2024, Prabowo Akan Sikapi Pencapresannya di Rapimnas Gerindra

Merujuk dari hasil elektabilitas itu, Qodari menuturkan bahwa yang paling pantas mendapatkan dukungan dari Jokowi yaitu Prabowo Subianto.

“Jadi pada hari ini yang paling logis buat Jokowi mendukung calon presiden itu namanya prabowo. Karena dari suara kursi partai, elektabilitas pribadi, konstelasi politik, basis politik yang paling mungkin maju ke putaran kedua itu adalah Prabowo,” jelasnya. (net/dis)

Editor : Yosep

Berita Lainnya