25 radar bogor

Bawaslu Gelar Lomba Poster dan Video Pendek Pengawasan Pemilu 2024

Ketua Bawaslu usulkan Pilkada 2024 ditunda
Ketua Bawaslu usulkan Pilkada 2024 ditunda

CIBINONG-RADAR BOGOR, HUT Ke-4, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor menggelar lomba poster dan video pendek tentang pengawasan Pemilu 2024. Lomba ini dibuka sejak 2 Agustus hingga 10 Agustus 2022 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah menjelaskan, untuk kompetisi lomba video pendek, pihaknya mengangkat tema “Peran Masyarakat untuk Terlibat Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu”.

Baca juga: BBM Pertalite Langka Di Cibinong

“Untuk materi konten, video harus menunjukkan potret atau realita di lapangan atas pelaksanaan tugas lembaga pengawas pemilu atau kondisi pelaksanaan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil),” ujar Irvan pada Senin, (8/8).

Lebih lanjut dia menjelaskan, narasi yang dipakai harus jelas dan tidak menggunakan kata yang terlalu kompleks sehingga mudah dimengerti masyarakat umum.

Peserta lomba diizinkan menggunakan diksi yang lebih dinamis seperti kata-kata gaul, idiom, peribahasa, pantun atau lainnya yang tidak mengandung SARA, pornografi, radikalisme, kekerasan atau nilai yang melanggar aturan, hukum dan norma yang berlaku.

Baca juga: Tak Ingin Ambil Resiko, Disdik Masih Terapkan PTM 50 Persen

Sementara untuk penggunaan bahasa daerah dan isyarat harus memberikan teks terjemahan dalam video. Semua itu harus dituangkan dalam video yang berdurasi maksimal 2 menit.

“Penilaiannya berupa materi konten, narasi, teknik alur pengambilan video dan editing, kreativitas dan atensi terhadap karya (like dan komen),” terang Irvan.

Selain itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Naotalia Apapyo menambahkan, kompetisi lomba poster juga digelar dengan tema “Ayo Awasi Pemilu 2024”.

Baca juga: Warga Kota Bogor Gigit Jari, Tak Bisa Isi BBM

Kedua kategori lomba tersebut dibuka sejak 2 Agustus lalu. Sementara batas waktu penyerahan karya peserta paling lambat 10 Agustus mendatang.

Untuk kompetisi lomba video, peserta dapat mengirim karyanya dengan format MP4 melalui email [email protected]. Sementara karya poster bisa dikirim ke alamat yang sama dengan format PNG menggunakan kertas ukuran A3.

“Bagi masyarakat yang mau ikut, bisa mengakses informasi lengkapnya di akun Instagram @bawaslukabbogor. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 14 Agustus 2022 saat puncak HUT ke-4 Bawaslu Kabupaten Bogor,” jelas Nao. (cok)

Editor: Rany