25 radar bogor

Ini Profil Bharada E, Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Richard Eliezer
Richard Eliezer alias Bharada E.

RADAR BOGORBharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, 24, alias Bharada E beberapa waktu terakhir menjadi sorotan publik. Dia diketahui sebagai penembak terhadap Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dan kini ditetapkan sebagai tersangka.

Tidak banyak informasi yang bisa didapat terkait sosok Bharada E ini. Dia bergabung ke Korps Bhayangkara melalui jalur Tamtama setelah menempuh pendidikan kepolisian di Pusat Pendidikan Brimob Wakutosek, Jawa Timur pada 2019 lalu.

Berdasarkan keterangan Kapolres Metro Jakarta Selatan nonaktif Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, Bharade E adalah penembak jitu kelas satu di resimen pelopor. Ia juga menjadi pelatih teknik penyelamatan pada medan vertikal atau curam (vertical rescue).

Baca juga: 25 Polisi Terseret Kasus Brigadir J, Jenderal Bintang 1 sampai Tamtama

“Bharada E ini pelatih vertical rescue dan di Resimen Pelopor dia menjadi tim penembak kelas satu,” ujar Budhi kepada wartawan, Selasa (12/7).

Namun, baru-baru ini Lempaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) membantah ucapan Budhi. LPSK menyebut jika Bharade E tidak mahir dalam menembak. Menurut LPSK Bharade E baru memegang pistol pada November 2021. Sedangkan menjalani latihan menembak pada Maret 2022 di Senayan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Terseret Kasus Brigadir J, Malam ini Kapolri Mutasi Tiga Brigjen

Sementara itu, berdasarkan penelusuran terhadap akun media sosial Instagram Bharada E, @r.lumiu juga tidak banyak informasi yang bisa digali. Akun tersebut terakhir membuat unggahan pada 29 November 2017 lalu. Beberapa unggahannya banyak terkait dengan kegiatan panjat tebing.