logo radar

Viral! Pengemis Nyawer Biduan, Bawa Catatan Warga Pinjem Uangnya Rp60 Juta

Pengemis Nyawer Biduan
Tangkapan layar video pengemis nyawer biduan yang viral di media sosial.

PROBOLINGGO-RADAR BOGOR, Video seorang pengemis nyawer biduan di atas panggung, viral di media sosial. Pengemis itu bernama Ahmad (60) alias Mul. Uang yang diberikan ke biduan diduga hasil mengemis dan mengamen.

Baca Juga : Atribusi Sosial : Pengemis Jalanan di Bogor yang Hidup Sebatang Kara

Pengemis nyawer biduan itu kerap mangkal di Lampu Merah, Jalan Raya Panglima Sudirman, Kraksaan, Probolinggo.

Dalam videonya, tampak Ahmad naik ke atas pentas. Lalu menyawer artis dangdut yang saat itu bernyanyi menghibur masyarakat.

Ada  beberapa video yang memperlihatkan pengemis itu nyawer biduan artis berbeda yang beredar di media sosial. Juga ada beberapa foto tentang dirinya saat makan sate gule juga sudah viral di sosial media.

Setelah videonya viral, Ahmad akhirnya diciduk Satpol PP. Kakek asal Desa Alastengah, Kecamatan Besuk itu diamankan saat mangkal di Jalan Raya Panglima Sudirman, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (2/8/2022).

“Memang sudah kami incar, usai videonya (nyawer) viral. Ngamen kok digunakan nyawer biduan. Senin (1/8/2022), kami tidak menjumpainya. Nah baru Selasa (2/8/2022) siang mulai ngamen lagi,” kata Pejabat Fungsional Satpol PP Ahli Muda pada Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Budi Utomo.

Budi mengaku, sempat kesulitan membawa Mul. Sebab, Mul sempat menolak. Ia tidak mau dibawa ke Mako Satpol-PP. ia berupaya menghindari petugas.

Namun, usai dibujuk, Mul akhirnya mau dibawa petugas penegak perda. Budi menjelaskan, sebenarnya Ahmad sudah berkali-kali telah terjaring razia. Ia sudah 5 kali diamankan.

Usai videonya viral, Satpol PP akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial dan TKSK Kecamatan Kraksaan. “Sudah kami koordinasikan. Yang jelas, akan kami berikan tindakan tegas. Operasi semacam ini akan terus kami gencarkan agar tidak ulah seperti ini tidak terulang,” terangnya.

Sementara itu, Mul mengaku, duit hasil mengemis dan ngamen digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. “Hasil ngamen untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau nyawer hanya satu kali, Istri ada di Surabaya,” ungkap Mul.

Namun, dari pengamatan, video Mul si pengemis nyawer biduan itu ada lebih dari satu. Video itu banyak beredar di media sosial.

Yang mengejutkan, saat diperiksa, petugas juga menemukan kertas lusuh. Isinya berupa catatan nama-nama orang dan nominal duit.

Menurut Mul, itu merupakan catatan uangnya yang dipinjamkan ke orang lain. Angkanya cukup mengejutkan. Mencapai Rp 60 juta!.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Puluhan Pengemis dan Gelandangan Ditertibkan

Bukan hanya itu, duit hasil ngamen menurut Mul juga didaftarkan haji. Ia mengaku sudah membayar uang muka Rp 5 juta untuk pemberangkatan haji.

Ia juga mengaku jika mempunyai 4 orang anak dan 6 orang cucu. Salah satu anaknya tinggal di Malang menjadi dosen swasta di salah satu kampus di Kota Malang. (ar/mie)

Editor : Yosep

Berita Lainnya