25 radar bogor

H Rudi Harsa Tanaya Gelorakan Semangat Gotong Royong

RADAR BOGOR, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Rudi Harsa Tanaya tak pernah bosan menyerap aspirasi warga Kota Bogor. Wakuk rakyat dari dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Bogor rajin berkeliling pelosok Kota Bogor.

Sebelumnya, H Rudi Harsa Tanaya menyambangi dua titik sentra kuliner di Kota Bogor. Kedatanganya untuk memastikan geliat ekonomi yang dirasakan para usaha mikro kecil menengah (UMKM) selama andemi Covid-19.

Terbaru, H Rudi Harsa Tanaya mensosialisasikan sketsa kebangsaan atau empat pilar kebangsanaan di aula Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Peserta acara empat pilar ini yakni dari organ sayap PDI Perjuangan.

Baca juga: Lima Fakta (Baru) Jurnalistik Brigadir J

“Kami ingin terus memperkuat nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika agar kader-kader kami meneruskan sosialisasi ini ke masyarakat atau lingkungan terdekatnya,’’ kata H Rudi Harsa.

Menurut dia, kader PDI Perjuangan dan sayap partai harus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai institusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai semboyan negara.

“Asas gotong royong telah menjadi ciri dari negara kita harus kita galakan, jangan sampai sifat gotong royong ini tergerus oleh zaman,’’ tegas mantan Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini.

Menurut dia, saat ini faham intoleransi yang mengatas namakan agama merusak kebhinekaan atau keberagaman suku, ras, bahasa dan budaya bangsa Indonesia. Padahal para pendiri negara sudah sepakat bahwa perbedaan suku bahasa, budaya dan ras atau etnis ini merupakan persatuan dan kesatuan bangsa yang tak dapat terpisahkan.

Baca juga: Citayam Fashion Week Turut Menjamur Di Kota Bogor, Wakil Wali Kota : Bisa Membuka Kesempatan Clothing Lokal

“Kita ini bhineka tunggal Ika, jangan biarkan Pancasila dirubah oleh faham yang bisa memecah belah bangsa,’’ tegasnya.

Sementara itu, pengurus PDI Perjuangan Kota Bogor Vayjireh Sitohang memberikan motivasi kepada para peserta. Salah satunya meminta organ sayap partai menjadi corong empat pilar kebangsaan ini.

Terlebih penggagas empat pilar kebangsaaan ini adalah alm H.M. Taufiq Kiemas saat menjadi Ketua MPR RI 2004 – 2009. Alm merupakan suami dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri.

“Saya meminta kepada para pengurus baik itu pengurus partai maupun organ sayap partai menggelorakan NKRI Harga mati,’’ tegas Vay sapaan akrab Vayjireh Sitohang.

Tampak hadir di acara sosialisasi empat pilar pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Bogor selain Vayjereh Sitohang, adalah Jefri Ricardo, Yanti Susanti. (*/unt)

Editor: Rany