logo radar

Berhasil Kelola Arsip, Kecamatan dan Perangkat Daerah Diganjar Penghargaan

PLT Bupati, Iwan Setiawan hadiri pemberian penghargaan pada tingkat Kecamatan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan di Gedung Serbaguna I, Cibinong, Kabupaten Bogor. Foto : Hendi/Radar Bogor
PLT Bupati, Iwan Setiawan hadiri pemberian penghargaan pada tingkat Kecamatan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan di Gedung Serbaguna I, Cibinong, Kabupaten Bogor. Foto : Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor memberikan penghargaan kepada perangkat daerah dan kecamatan yang dianggap terbaik dalam mengelola kearsipan.

Lewat kegiatan Arsipelago 2022, penghargaan dibagi menjadi tiga kategori di antaranya kategori pengelola arsip pada kecamatan, perangkat daerah dan BLUD, dan kategori juara lomba perpustakaan SMP dan sederajat.

“Soal otentikasi arsip dinas dan kecamatan, hari ini diberikan penghargaan kepada yang terbaik mengelolanya. Saya harap penghargaan ini semakin memotivasi dan menginspirasi seluruh perangkat daerah dan kecamatan lingkup Pemkab Bogor,” kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Ruang Serbaguna I, Sekretariat Daerah, Cibinong, (26/7).

Baca juga: Kisah Yuyun, 5 Tahun Jadi Pendamping ODGJ

Iwan mengatakan, arsip adalah benteng terakhir pengamanan data. Meski dianggap sederhana, namun jika tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi masalah besar.

Dia pun mengapresiasi DPAD yang keberadaannya cukup membanggakan karena sering mendapat penghargaan di tingkat nasional.

Penghargaan yang dimaksud di antaranya perolehan predikat memuaskan kategori A dalam pengawasan kearsipan tingkat nasional tahun 2021. Kemudian mendapatkan sertifikat sebagai simpul Jaringan Pilot Project Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) tahun 2022 dari Arsip Nasional Republik Indonesia.

Baca juga: Pencaker Padati Job Fair BTM, Ini Keuntungan Cari Kerja di Job Fair

“Perolehan tersebut setelah melalui seleksi ketat di mana hanya 12 kabupaten kota yang terpilih dari 514 kabupaten kota se-Indonesia,” jelas Iwan.

Diinformasikan, untuk kategori pengelola arsip terbaik pada kecamatan di antaranya, Kecamatan Citeureup dengan nilai sangat memuaskan, Kecamatan Gunungputri dengan nilai memuaskan, Kecamatan Klapanunggal dengan nilai sangat baik, Kecamatan Ciawi dengan nilai baik, Kecamatan Leuwisadeng dengan nilai baik dan Kecamatan Cigudeg dengan nilai baik.

Sementara kategori pengelola arsip terbaik pada perangkat daerah dan BLUD yakni Bappedalitbang dengan nilai sangat memuaskan, Dinas Tenaga Kerja dengan nilai memuaskan, Dinas Perhubungan dengan nilai sangat baik, Dinas PUPR dengan nilai baik, Dinas Kesehatan dengan nilai baik dan Dinas Sosial dengan nilai baik.

Kategori Juara Lomba Perpustakaan SMP dan Sederajat Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022 yakni, juara pertama SMP Negeri 1 Rumpin, juara kedua SMP Negeri 2 Cibinong, dan juara ketiga SMP Negeri 1 Cileungsi.(cok)

Editor: Rany

Berita Lainnya