Pencaker Padati Job Fair BTM, Ini Keuntungan Cari Kerja di Job Fair

Founder @yukkitakerja, Wahyu Andrian melayani para pencaker yang bertanya di Job Fair BTM, Rabu (20/7).

BOGOR-RADAR BOGOR, Ribuan pencari kerja (pencaker) padati acara job fair di Bogor Trade Mall (BTM), Rabu (20/7).  Kondisi itu, membuat sibuk Wahyu Andrian,  Founder @yukkitakerja (instagram). Pasalnya, hari itu pria yang akrab disapa Andrian ini mengikuti hajatan besar bagi para HRD di Kota Bogor dan kesempatan pencaker mencari kerja di Job Fair BTM.

Baca Juga : Mau Dapat Pekerjaan di Job Fair? Ini Tips yang Perlu Diperhatikan Pencaker

Tak tanggung-tanggung, ada 34 perusahaan nasional mengikuti job fair tersebut, yang menjadi ajang silaturahmi bagi para HRD, dan bagi para pencaker  job fair merupakan agenda rutin dari Disnaker Kota Bogor.

penerimaan mahasiswa baru universitas djuanda bogor

Pemilik akun instagram @why.andrian ini membagi cerita di sela sesi penerimaan karyawan. Pemuda asal Depok ini menjelaskan, mencari pekerjaan semakin dimudahkan dengan adanya sejumlah job fair yang diadakan di kota-kota tertentu. “Mendatangi job fair tentu lebih efektif untuk mengenal suatu perusahaan daripada datang langsung ke perusahaan yang bersangkutan,” ujarnya. Ia pun membagikan keuntungan-keuntungan mencari pekerjaan di acara job fair.  Di antaranya :

  1. Skala perusahaan yang hadir besar

Skala perusahaan yang ada di job fair biasanya besar, bahkan sebagian jarang didengar. Di sinilah kamu bisa eksplor lebih jauh tentang perusahaan, jadi referensimu bertambah banyak.

Dengan bertambahnya referensi, peluang untuk diterima di suatu perusahaan juga besar. Apalagi kalau yang dibutuhkan adalah para fresh graduate seperti kamu.

Tidak hanya swasta, beberapa perusahaan BUMN juga sering bergabung dalam suatu job fair. Kuncinya jangan malas keliling booth saja, jadi kamu tidak kehilangan peluang emas.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Datang ke job fair secara tidak langsung membuat rasa percaya diri meningkat. Sebab, kamu akan berbicara langsung dengan perwakilan dari perusahaan. Satu keuntungan tersendiri untuk kamu yang selama ini tidak pede berbicara secara empat mata dengan stranger.

Apapun informasi yang selama ini membuatmu bertanya-tanya, bisa disampaikan langsung kepada perwakilan yang menjaga booth.

Tapi sebelumnya, kamu harus tahu dulu sedikit banyaknya tentang perusahaan tersebut. Sewaktu berbicara dengan perwakilannya, pembicaraan jadi nyambung.

  1. Bisa membandingkan perusahaan secara sekaligus

Untuk mendapatkan yang terbaik, kamu perlu membandingkan beberapa perusahaan sebelum melamar pekerjaan. Untungnya kamu bisa lakukan ini di job fair secara instan. Caranya, dengan mendatangi satu per satu booth yang ada di sana.

Pembandingnya bisa dilihat dari kualifikasinya. Semakin tinggi kualifikasi yang ditetapkan, semakin bagus pula perusahaannya.

Biasanya seleksi akan dilakukan secara ketat, jadi kamu perlu menyiapkan diri sebaik mungkin untuk tampil maksimal selama berlangsungnya seleksi.

  1. Tidak dipungut biaya apapun

Keuntungan mencari kerja di job fair yang paling disukai adalah tidak dipungut biaya apapun. Kamu tinggal cari informasi tentang job fair di kota tempat tinggalmu, daftar online, lalu datang ke lokasi. Dan masih banyak lagi hal postif yang bisa diambil dari mengikuti jobfair bagi para pencaker.

Baca Juga : Job Fair SMK Ibnu Aqil Tawarkan Loker Variatif, Pengunjung Membeludak

Rangkaian acara yang di hari kedua semakin terlihat ramai karena selama dua tahun terakhir, job fair tidak dapat digelar karena pandemi. Tahun ini bisa digelar kembali. Pihaknya sudah memprediksi sekitar 3.000 tenaga kerja.

“Terlebih setelah pengumuman kelulusan sekolah tahun 2022, yang memohon kartu pencari kerja atau AK-1 (Kartu Kuning) cukup banyak.”ungkapnya info dari disnaker setempat. kata dia, akan menerapkan sistem antrean yang tidak menyebabkan kerumunan karena diprediksi pencari kerja yang datang akan membludak.

“Kemungkinan jumlah pencari kerja yang masuk ke lokasi setiap hari akan dibatasi, sebagai upaya mencegah  kerumunan, Kami berharap job fair berjalan lancar, tidak ada penularan virus sehingga angka pengangguran di Bogor berkurang,”tuturnya.(*)

Editor : Pipin

 

 

 

Berita Lainnya