25 radar bogor

Pertama Kali, APDESI Kabupaten Bogor Gelar Jambore Kades

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bogor menggelar Jambore Kepala Desa (Kades) Tahun 2022.

Digelar untuk yang pertama kalinya, Jambore Kades dilaksanakan di Bukit Pelangi Sentul, Babakan Madang.

Diikuti 416 kades se-Kabupaten Bogor, jambore dilakukan selama 3 hari 2 malam. Beberapa kegiatan untuk memeriahkan Jambore Kades tahun 2022, antara lain ngaliwet akbar, fun games, FourPeo sepak bola, pentas seni budaya, inagurasi dan ngobrol ringan.

Baca juga: Cantik Dengan Mencintai Diri Sendiri di Sama Beauty Studio

Mewakili Menteri Dalam Negeri RI, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Averies S. Fudhal menuturkan, Jambore Kades merupakan kegiatan edukatif di alam terbuka.

Dalam bentuk perkemahan besar sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada pengembangan diri yang berkaitan sosial budaya dan intelektual.

“Kegiatan ini tentu merupakan pertemuan kades sekaligus menjadi upaya keberpihakan pemerintah baik Provinsi Jabar dan Kabupaten Bogor terhadap desa se-Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan serta mengoptimalkan ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan para kades dalam rangka mendukung visi Kabupaten Bogor dan menjadikan desa maju, mandiri dan sejahtera.

Baca juga: Nekat Tawuran, Langsung Dikeluarkan di Sekolah!

Menurutnya, pemerintah desa sangat berperan penting dalam pembangunan dj desa dalam hal ini kepala desa beserta jajarannya.

Mereka diberi kewenangan untuk mengurus wilayah dalam melaksanakan tugas pembangunan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap asosiasi ini dapat berperan aktif dalam mendorong anggotanya untuk membangun sinergitas sebagai upaya perpaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, daerah dan pemerintah desa,” pintanya.

Dalam kesempatan ini, ia meminta kepada seluruh Kades agar selalu taat aturan, meningkatkan kualitas diri dalam memimpin desa.

Untuk menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang mampu melahirkan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Baca juga: Rayakan Hari Anak Nasional, Hotel The 1O1 Bogor Suryakencana dan Lemonilo Berikan Edukasi Makanan Sehat

“Serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perdesaan terutama ditengah dampak Covid-19 selama 2 tahun,” tukasnya.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan melakukan sosialisasi mengenai pemanfaatan penggunaaan anggaran Satu Milyar Satu Desa (Samisade).

Iwam mengajak seluruh kades untuk hati-hati dalam melaksanakan program kegiatan samisade dengan membuat pelaporam dengan benar, mengingat pelaksanaannya diawasi dengan ketat oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Semakin negara maju, aturannya juga semakin ketat. Begitu juga dengan desa, semakin desa maju aturannya semakin ketat. Selamat berjambore, jadikan kegiatan ini sarana silaturahmi dan healing. Mudah-mudahan kegiatan ini juga bisa saling mengenal dan mendekatkan seluruh Kades di Kabupaten Bogor satu sama lainnya,” pungkas Iwan Setiawan.(cok)

Editor: Rany