25 radar bogor

Sambangi Kediaman Korban Tewas Dinding Jebol di Kota Bogor, Ridwan Kamil Minta Evaluasi Hal Ini

BOGOR-RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan bantuan kepada keluarga korban yang tewas tertimbun dinding jebol Manah (52) di Kota Bogor pada Jumat (15/7/2022) lalu.

Pria yang disapa RK sekaligus menyampaikan ungkapan bela sungkawa kepada pihak keluarga.

Hal itu disampaikan RK usai menyambangi kediaman korban di Kampung Salabenda Got, RT 02/08, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat.

“Saya mohon maaf karena baru saja mendarat sebagai jamaah haji, jadi baru bisa (turun kelapangan). Kita menyampaikan bantuan dan mengungkapkan rasa duka cita kepada korban meninggal,” kata RK, Rabu (20/7/2022).

RK memberikan bantuan tanggap darurat dan juga bahan bangunan untuk dua rumah terdampak.

Baca juga: Rata-rata Lama Sekolah Warga Bogor Rendah, DPRD Dorong Pemda Bangun Sekolah Baru

Selain itu, RK menjanjikan agar ada evaluasi kedepannya terkait sistem saluran air di wilayah terjadinya tembok jebol.

Sejauh ini, penanganan antisipasi banjir dengan berbasis lingkungan sebenarnya sudah dilakukan semaksimal mungkin oleh Pemprov Jawa Barat.

Mantan Walikota Bandung menyebut, cuaca ekstrim menyebabkan kejadian bencana banjir yang melanda secara merata di sejumlah wilayah di Pulau Jawa.

“Banjir terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, khusus Jawa Barat ada 4. Sebagian di Bekasi, di Bogor, kemudian Depok, dan yang paling parah di Kabupaten Garut,” papar RK.

Setelah Bogor, RK mengaku bakal langsung melanjutkan perjalanannya ke Kabupaten Garut sebagai lokasi bencana terdampak paling parah di Jawa Barat.

Baca juga: Ada yang Baru di Kebun Raya Cibodas

Untuk itu, RK menghimbau kepada warga agar tetap waspada ketika terjadi cuaca ekstrem.

“Kita harus saling menjaga dan harus saling mempersiapkan diri,” ucapnya. (ded)

Editor: Rany