25 radar bogor

Delapan Tahun Berdiri, Ini Transformasi Besar RSUD Kota Bogor

RSUD Kota Bogor
rsud kota bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejak didirikan pada 7 Agustus delapan tahun silam, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, memberikan begitu banyak fasilitas kesehatan, kepada masyarakat.

Tak sekadar fasilitas kesehatan biasa, RSUD Kota Bogor memberikannya dalam kemasan profesionalisme.

Disertai berbagai terobosan regulasi, teknologi dan kelembagaan.

Baca juga: Tiga SKPD di Kota Bogor Belum Tindak Lanjuti Rekomendasi BPK, DPRD : Kami Kecewa!

Direktur Utama RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir mengatakan, pada 2018, pihaknya menambah fasilitas yang dimilikinya pada peresmian Gedung A (Critical Area).

Serta pelayanan cath lab (layanan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh dara).

Jumlah kamar kelas 3 pada masa itu bertambah menjadi 224 unit.

“Setahun setelahnya pada Desember 2019, RSUD Kota Bogor memenuhi progres pembangunan blok 3 dari semula 47 persen menjadi 100 persen,” ujarnya.

Dua bulan berselang, pada Januari 2020 RSUD Kota Bogor meresmikan gedung 3. Gedung yang terdiri dari 4 lantai ini memiliki 264 kamar yang dapat menampung sebanyak 1056 pasien.

Baca juga: Rata-rata Lama Sekolah Warga Bogor Rendah, DPRD Dorong Pemda Bangun Sekolah Baru

Di tahun yang sama tepat pada perayaan ulang tahunnya, RSUD Kota Bogor meresmikan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR).

Pada tahun 2021, kerja sama dengan Universitas Pertahanan dijalin RSUD Kota Bogor untuk menjadi RS rujukan regional Jawa Barat (Jabar) serta RS Pendidikan.

Terbaru, RSUD Kota Bogor melakukan peresmian ground breaking atau pemancangan tiang pembangunan yang dilakukan pada Rabu (13/7) pembangunan Blok 1.

Gedung tersebut nantinya akan dipergunakan untuk ruang IGD, Bedah Cito, dan ICU Cito, serta poliklinik di lantai 2.

Baca juga: HUT HITI ke-50, Kepala DKPP : Banyak Hasil Penelitian Bermanfaat

“Hingga saat ini RS yang telah memiliki lebih dari 300 tempat tidur ini terus berkomitmen menjadi RS terbaik dalan pelayanan kesehatan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Komitmen tersebut didorong dengan infrastruktur yang memadai, multiprofesionalisme, serta memberikan tim multispesialis yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik.

Fasilitas kesehatan berteknologi termutakhir yang saat ini dimiliki RSUD Kota Bogor di antaranya, alat kesehatan MRI 3 Tesla dan CT Scan 128 slices.

Baca juga: Hadiri PILM Kabupaten Sukabumi, Ini Pesan Desy Ratnasari Kepada Pegiat Literasi

Dengan teknik pemindaian radiologi yang menggunakan magnet, gelombang radio dan komputer sehingga menghasilkan gambar struktur tubuh.

Selain itu proses pendaftaran yang diberlakukan oleh RSUD Kota Bogor juga telah memanfaatkan teknologi canggih sehingga pendaftaran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah yakni menggunakan alat Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM).

“Dedikasi penuh kepada masyarakat, didukung pelayanan prima yang berstandar tinggi akan dilakukan RSUD Kota Bogor sebagai upaya mewujudkan kesehatan bagi masyarakat,” tutupnya. (cr1)

Editor: Rany