25 radar bogor

Marak Manipulasi Uji Kir, Dishub Luncurkan Bukti Lulus Uji Elektronik

Uji Kir
Plt Bupati Iwan Setiawan, meninjau langsung proses Uji Kir di Dishub Kabupaten Bogor, Senin (18/7/2022).

SUKARAJA – RADAR BOGOR, Marak uji kelayakan kendaraan atau Uji Kir palsu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor mengadopsi sistem pengujian berbasis elektronik.

Baca Juga : Perbup Jam Operasional Truk Tambang Sering Dilanggar, Dishub Bakal Evaluasi 

Menggunakan sistem Radio Frequency Identification (RFID), kini hasil Uji Kir bukan berbentuk buku melainkan kartu pintar (Smartcard).

“Ini arahan dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan) untuk meminimalisir data pemalsuan buku atau kendaraan yang sudah di Uji Kir, tapi hanya kartu atau buku doang, kendaraannya tidak ikut diuji,” ujar Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat peluncuran perdana Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU’e) di Kantor Dishub Kabupaten Bogor, Sukaraja Senin (18/7/2022).

Dengan berbasis elektronik, kata Iwan, pengecekan Uji Kir dapat dilakukan menggunakan smartphone dengan memindai barcode yang ditempel di smartcard dan kendaraan.

Nantinya, kendaraan niaga mulai dari mobil ukuran kecil hingga besar dapat dengan mudah diawasi dan dilayani lewat sistem tersebut.

“Apalagi daerah Bogor, kontur jalannya berbukit-bukit, kalau kirnya dipalsukan itu bisa jadi kecelakaan di jalanan. Saya berharap mobil dari luar juga kalau ingin melewati Kawasan Puncak, uji kendaraanya harus bisa lolos agar ketika masuk ke Kabupaten Bogor bisa selamat,” harap Iwan.

Senada, Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Agus Ridho berharap, sistem RFID ini dapat mengurangi praktik pemalsuan Uji Kir yang selama ini sering terjadi.

“Ini yang paling utama, karena corenya adalah keselamatan ketika ini tidak banyak orang memanipulasi, sehingga pengujian ini memang valid, dengan begitu keselamatan akan lebih meningkat,” jelasnya.

Berbeda dengan sistem sebelumnya yang masih manual dalam bentuk buku, lanjut Agus, membuat oknum-oknum lebih mudah memanipulasi Uji Kir.

Baca Juga : Masalah Kantong Parkir, Dishub Sebut Petugas Parkir di Alun-alun Kota Sudah Minta Maaf

Di sisi lain, sistem baru ini memberikan kemudahan bagi pihaknya dalam melakukan pengawasan. Cukup menggunakan smartphone, hasil uji kendaraan dapat diakses dan dimunculkan.

“Untuk saat ini, teknologi ini yang paling bagus untuk diterapkan dan ini langsung terhubung dengan Kemenhub dan sudah diuji juga,” tandas Agus. (cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep