25 radar bogor

Pemkab Bogor Terima Bantuan BPKH Untuk Korban Bencana Pamijahan dan Leuwiliang

Badan Pengelola Keuangan Haji menyerahkan bantuan melalui Pemerintah Kabupaten Bogor untuk korban bencana banjir bandang di Pamijahan.
Badan Pengelola Keuangan Haji menyerahkan bantuan melalui Pemerintah Kabupaten Bogor untuk korban bencana banjir bandang di Pamijahan.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberikan bantuan langsung tunai ke Pemerintah Kabupaten Bogot untuk korban bencana alam di Kecamatan Pamijahan dan Leuwiliang.

Bantuan diberikan untuk memenuhi kebutuhan dapur, makanan, logistik kesehatan, perlengkapan ibu, bayi dan sebagainya.

“Alhamdulilah hari ini kita dapat bantuan dari BPKH Pusat, bantuan dari para relawan dan donatur sangat membantu dalam memulihkan masyarakat pasca bencana, serta dapat menyembuhkan mental mereka,” ujar Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menerima bantuan di Ruang Rapat Wakil Bupati Bogor, Selasa, (5/7/22).

Baca juga: Kemenag Ancam Sanksi Travel Haji Yang Tak Memiliki Izin

Iwan mengatakan, pasca bencana yang terjadi di dua wilayah tersebut, masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari kebutuhan dasar, infrastruktur dan lainnya.

Kolaborasi yang dilakukan antara Rumah Zakat dengan BPKH, sangat baik untuk bersama-sama membantu para korban bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kami sangat menunggu bantuan dari para donatur dan relawan, tentunya apa yang dilakukan oleh BPKH sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat di Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Anggota Badan Pelaksana Keuangan Haji, Rahmat Hidayat menjelaskan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk komitmen BPKH dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di Kecamatan Leuwiliang dan Pamijahan.

Baca juga: Komisi II DPR Dorong Penerbitan Perppu Daripada Revisi UU Pemilu

Berkolaborasi dengan Rumah Zakat, bantuan diberikan untuk dipergunakan dalam memenuhi kebutuhan dapur, makanan, logistik kesehatan, perlengkapan ibu, bayi dan sebagainya.

“Dananya kami transfer ke rumah zakat, nanti rumah zakat yang membelanjakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, jadi Pemkab Bogor terima bersih. Bantuan ini termasuk dalam program kemaslahatan umat kedaruratan bencana,” jelasnya.

Sementara itu Chief Program Officer (CPO) Rumah Zakat, Murni Alit Baginda menambahkan, BPKH selalu mendukung banyak aksi respon tanggap bencana alam termasuk di Kabupaten Bogor.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Jabodetabek Naik ke Level 2

Rumah Zakat hadir berupaya memberikan sumbangsih yang bermanfaat kepada masyarakat, salah satunya bagi para korban bencana alam di Pamijahan dan Leuwiliang.

“Alhamdulilah tim relawan kami juga sejak kejadian sudah ada di lokasi membantu para korban bencana, dan akan terus mendampingi sampai penanganan pasca bencana selesai dilakukan,” tandasnya.(cok)

Editor: Rany