STIE Dewantara Lahirkan Entrepreneur Muda Dan Lapangan Kerja Baru

Kampus STIE Dewantara Bogor kembali menggelar Bazar Kampus 2022. Nelvi/Radar Bogor
Kampus STIE Dewantara Bogor kembali menggelar Bazar Kampus 2022. Nelvi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Lahirkan entrepreneur muda, mahasiswa Kampus STIE Dewantara Bogor kembali menggelar Bazar Kampus 2022.

Digelar di Halaman Gedung KNPI, Cibinong pada Minggu (19/6/2022), program unggulan ini juga merupakan upaya kampus dalam membantu pemerintah dengan menciptakan lapangan kerja baru.

Program yang dibentuk dalam mata kuliah Kewirausahaan ini, melibatkan 90 mahasiswa yang terbagi dalam 30 kelompok usaha.

Baca juga: Final Putri Otonomi Indonesia 2022 Tutup Rangkaian HUT APKASI Ke-22

“Bukan hanya dibekali teori, namun juga bagaimana mahasiswa melakukan prakter wirausaha secara langsung di tengah masyarakat,” ujar Ketua STIE Dewantara, Yasnimar Ilyas kepada Radar Bogor Minggu (19/6/2022).

Yasnimar Ilyas mengatakan, program tahunan ini juga merupakan bagian dari visi STIE Dewantara dalam membentuk mahasiswanya agar memiliki jiwa entrepreneur sehingga dapat membuka lapangan kerja baru.

Dalam mewujudkan itu pihak kampus juga mendapat dukungan pemerintah melalui program Kampus Merdeka.

Baca juga: Pede Raih Dua Kursi di Tanah Sareal, PPP Kota Bogor Klaim Banyak Caleg Milenial

“Ini menjadi target tahunan, di mana minimal 10 persen dari lulusan STIE Dewantara dapat menjadi entrepreneur baru,” jelasnya.

Dosen Kewirausahaan sekaligus penanggungjawab kegiatan Bazar Kampus STIE Dewantara, Syaiful Anwar menuturkan, mahasiswa yang telah mendapat mata kuliah dasar seperti manajemen, pemasaran serta keuangan dan lainnya, dapat langsung melakukan praktek melalui helaran bazar ini.

Bagaimana mahasiswa dapat membuat perencanaan, mengelola SDM hingga memasarkan sebuah produk dengan konsep wirausaha.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, BRI Konsisten Perkuat Transformasi Digital

“Setelah lulus dari Dewantara, mahasiswa tidak lagi berfikir bagaimana mencari pekerjaan, tapi bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan, minimal untuk mereka pribadi, umumnya untuk masyarakat sekitar,” tutur Syaiful.

Hal yang menarik di bazar kali ini, para mahasiswa menyediakan 200 kemasan minyak goreng subsidi untuk masyarakat yang datang. Ini merupakan bentuk kontribusi Kampus Dewantara kepada masyarakat melalui bazar ini.

“Setiap tahunnya, kami menargetkan 70 mahasiswa menjadi entrepreneur muda setelah lulus nanti,” tandas Syaiful.(cok)

Editor: Rany

Berita Lainnya