Resmi Jadi Rektor Baru Unpak, Ini Target yang Harus Dicapai Profesor Didik Notosudjono 

Rektor Baru Unpak
Pelantikan Profesor Didik Notosudjono sebagai rektor baru Unpak Bogor periode 2022-2027, Selasa (31/5/2022).
Rektor Baru Unpak
Pelantikan Profesor Didik Notosudjono sebagai rektor baru Unpak Bogor periode 2022-2027, Selasa (31/5/2022).

BOGOR – RADAR BOGOR, Profesor Didik Notosudjono resmi menduduki kursi jabatan rektor baru Unpak (Universitas Pakuan) Bogor periode 2022-2027, usai dilantik pada Selasa (31/5/2022).

Baca Juga : Bibin Rubini Bakal Tuntaskan Jabatannya di Unpak, Begini Pesan Mantan Rektor UIKA

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan rektor baru Unpak tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Pakuan Siliwangi, Subandi Almarsudi.

penerimaan mahasiswa baru universitas djuanda bogor

Dalam sambutannya Subandi mengatakan, pergantian rektor ini menjadi bentuk cerminan berjalannya roda organisasi.

Melalui pergantian tersebut, diharapkan dapat semakin meningkatkan prestasi dan menampilkan keberadaan Unpak di tengah kehidupan.

“Rektor baru Unpak hendaknya mampu mengemban amanah yang menyangkut integritas, komitmen, kepemimpinan, dan jejaring baik secara internal maupun eksternal,” ujar Subandi.

Menurutnya, pergantian posisi rektor juga diharapkan dapat kembali meningkatkan torehan prestasi rektor sebelumnya.

“Pada masa kepemimpinan sebelumnya, Prof Bibin menampilkan wajah baru dan membawa Unpak berada pada masa kejayaan,” ucapnya.

Melihat hal tersebut, dirinya mengatakan pencapaian pada masa Bibin Rubini menjadi tantangan di masa kepemimpinan Didik.

Target yang perlu dicapainya di antaranya, peningkatan dan penambahan guru besar dan dosen dengan tingkat S3, peningkatan dosen dengan jabatan akademik lektor, serta hilangnya jumlah jabatan non akademik.

Selain itu kualitas mahasiswa, kerja sama dengan mitra dari berbagai kalangan juga perlu menjadi perhatian bagi Didik di masa kepemimpinannya.

“Bahtera Unpak harus menempuh gelombang dengan percaya diri, menyongsong pendidikan tinggi dengan mutu Medeka Belajar Kampus Merdeka,” imbuhnya.

Subandi berpesan agar Didik terus menjaga hubungannya dengan civitas akademika serta seluruh karyawan Unpak. “Pelihara hubungan dengan silih asah, silih asih, dan silih asuh,” tutur Subandi.

Baca Juga : Bakal Gantikan Bibin Rubini, Ini Profil Didik Notosudjono Calon Rektor Universitas Pakuan

Dirinya juga mengatakan Didik perlu hati-hati dalam menjalankan amanah yang diberikan. “Harus selalu hati-hati dalam mengambil langkah ke depan agar tidak mudah tergelincir bahkan terjatuh,” tutupnya

Pelantikan Didik sebagai rektor baru Unpak, menjadi akhir dari rangkaian pemilihan rektor yang sudah dilakukan Yayasan Pakuan Siliwangi sebelumnya sejak bulan Desember 2021.

Rangkaian tersebut di antaranya proses sosialisasi tata cara pemilihan, penjaringan bakal calon, dilanjutkan proses uji kelayakan dan kepatutan, pemilihan di tingkat senat universitas, laporan pertanggungjawaban rektor sebelumnya, serta penetapan rektor terpilih oleh yayasan. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya