Bakal Gantikan Bibin Rubini, Ini Profil Didik Notosudjono Calon Rektor Universitas Pakuan

Didik Notosudjono
Didik Notosudjono

BOGOR-RADAR BOGOR, Setelah menjabat selama tiga periode, kepemimpinan (Prof) Bibin Rubini akan berakhir pada Senin, (30/5/2022) nanti.

Posisi Rektor Universitas Pakuan (Unpak) tersebut akan diisi oleh Prof Didik Notosudjono yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpak.

Didik lahir di Kediri, 24 September 1960. Dirinya merupakan alumni dari Universitas Brawijaya, Malang. Setelah dinyatakan lulus sebagai sarjana pada tahun 1985, dirinya kemudian melanjutkan studi di Jerman.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

baca juga: Kota Bogor PPKM Level 1, Belasan Pasien Covid Masih Dirawat di Rumah Sakit

Pendidikan S2-nya tersebut ia tempuh di Universitas Flensburg Jerman. Dirinya dinyatakan lulus sebagai Magister of Science (MSc) pada tahun 1991.

Kemudian ia melanjutkan studi S3 di tempat yang sama yakni Universitas Flensburg, Jerman dan memperoleh gelar Doktor pada tahun 1999.

baca juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Kota Bogor Akhirnya Level 1

Karirnya sebagai dosen dimulai sejak tahun 1985. Dirinya pernah menjadi dosen di kampus besar di Jakarta. Di antaranya yakni Universitas Surapati, Universitas Mercu Buana, Sekolah Tinggi Teknik Indonesia (STTI), Universitas Tarumanegara, Universitas Tanri Abeng, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, dan juga Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

Selain itu ia juga memiliki pengalaman menjadi dosen di kampus yang berada di Kota Malang serta Bogor. Di antaranya ialah Universitas Brawijaya, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, dan Universitas Pakuan.

Baca juga: Kerja Sama dengan SKHB IPB, JAPFA Berikan Hibah Kandang Penelitian Rp1,5 Miliar

Didik juga sempat menjabat sebagai Ketua Jurusan pada tahun 1991, kemudian menjadi Dekan Fakultas Teknik pada 1994 di Universitas Surapati Jakarta.

Posisi Dekan Fakultas Teknik juga pernah ia jabat ketika berada di UNPAK pada periode tahun 2005 – 2007. Setahun setelahnya ia kemudian menjadi Guru Besar di Fakultas Teknik Unpak.

Baca juga: Aklamasi, Yuno Abeta Lahay Kembali Pimpin PHRI Kota Bogor Periode 2022 – 2027

Posisi jabatan struktural lain pun pernah diamanahkan kepada Didik. Menjadi Kepala Biro Kementerian Riset dan Teknologi (2011-2013), Asisten Deputi Kekayaan Intelektual dan Standrisasi IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi (2013-2015), hingga terkini menjadi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Bidang keilmuwan yang menjadi fokus Didik di antaranya energi terbaharukan, konsep marketing, serta teknik tenaga listrik. Dilansir dari situs resmi LLDIKTI wilayah 4, Didik telah menerbitkan publikasi ilmiahnya yaitu pada seminar internasional “Renewable Energy Development Srategy in Indonesia” di tahun 2016.

Baca juga: Kisah Perjuangan Izam, Pegawai BRI yang Harumkan Nama Bangsa di SEA Games 2021

Selain itu pada tahun 2017 dirinya mempublikasikan “Studi Evaluasi Bahan Limbah untuk Energi Terbarukan Melalui Model 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kota Bogor” dalam Konferensi Internasional ke-4 tentang Teknik Elektro, Ilmu Komputer dan Informatika (EECSI). Didukung dengan sederet penelitian dan publikasi nasional dan internasional lainnya.

Prof Didik akan resmi menjabat sebagai Rektor baru UNPAK setelah dilantik pada tanggal 30 Mei mendatang. (cr1)

Editor: Rany

Berita Lainnya