25 radar bogor

Bantu Khitanan Massal di Bogor, RS PMI Kolaborasi dengan Komunitas IDXC

Khitanan Massal
Acara khitanan massal yang diadakan IDXC kolaborasi RS PMI berlangsung di Panti Asuhan Darussholihat, Kota Bogor, Sabtu (21/5). (FOTO: SOFYANSYAH/ RADAR BOGOR)
Khitanan Massal
Acara khitanan massal yang diadakan IDXC kolaborasi RS PMI berlangsung di Panti Asuhan Darussholihat, Kota Bogor, Sabtu (21/5). (FOTO: SOFYANSYAH/ RADAR BOGOR)

BOGOR-RADAR BOGOR, Khitanan massal digelar di Panti Asuhan Darussholihat, Baranangsiang, Bogor Timur, Sabtu (21/5/2022). Khitanan itu diinisiasi oleh komunitas Indonesia Explore Cycling (IDXC).

Baca Juga : Halal Bihalal Komunitas IDXC, RS PMI Bogor Tuan Rumah Gowes Pecinta Brompton

Penanggung jawab khitanan massal, dr Pryo Utomo mengatakan, beberapa anak menjalani proses sunatan tersebut. Tim kedokteran dari RS PMI Bogor yang menangani proses khitanan standby sejak pukul 08.30 dan melayani para pasien.

“Kita melakukan khitanan standar seperti biasanya, sekaligus ngasih obat dan antibiotik. Semuanya yang ikut khitanan massal dapat,” ujarnya kepada Radar Bogor, usai khitanan massal.

Acara itu sama sekali tidak dipungut biaya. Anak-anak yang disunat bahkan mendapatkan bingkisan dan uang tunai dari para anggota komunitas IDXC yang tiba menjelang siang di lokasi tersebut.

Direktur Utama (Dirut) RS PMI Bogor, dr Djoko Setionegoro mengatakan, khitanan massal itu menjadi rangkaian dari Halal Bihalal komunitas pecinta sepeda lipat Indonesia Explore Cylcling (IDXC). Agenda bakti sosial (baksos) itu bekerja sama dengan rumah sakit yang digawanginya.

“Kolaborasinya itu, kita (RS PMI) kan ada orang kesehatannya. Program sunatan massal ini dari charity IDXC. Program bakti sosialnya bulan ini, karena komunitas ini memang selalu rutin gowes sambil berbagi,” ungkap Djoko.

Baca Juga : IDXC Jajal Brompton Explore Keliling Bogor, Taklukkan Medan Ekstrem

Personel yang diterjunkan berasal dari RS PMI. Sejumlah dokter melakukan proses sunatan massal di salah satu ruangan panti asuhan.

Beberapa orang tua menunggu di luar ruangan. Sesekali, terdengar suara tangis anak kecil karena panik disunat. Meski begitu, program baksos itu terbukti sangat membantu warga sekitar.

“Terima kasih IDXC karena sumbangsih membernya dalam charity ini,” pungkas Djoko, yang juga penasehat IDXC.

Ia bersama anggota IDXC mengelilingi Kota Bogor dalam agenda halal bihalal komunitas itu. Sebelumnya, mereka mengambil titik start di RS PMI Bogor. Berlanjut ke area Kebun Raya Bogor untuk menjajal ketangguhan Brompton Explore mereka.

Presiden IDXC Tedy Teedeess pun menyambut baik kolaborasi itu. Ia pun sangat senang bisa menjelajahi udara sejuk Kota Bogor sambil berbuat kebaikan lewat charity atau baksos khitanan massal tersebut. (mam)

Reporter : Imam Rahmanto
Editor : Yosep