25 radar bogor

IDXC Jajal Brompton Explore Keliling Bogor, Taklukkan Medan Ekstrem

Brompton Explore
Sepeda lipat Brompton Explore berjejer di depan RS PMI Bogor, Sabtu (21/5) untuk mengawali halal bihalal IDXC. SOFYANSYAH/ RADAR BOGOR
Brompton Explore
Sepeda lipat Brompton Explore berjejer di depan RS PMI Bogor, Sabtu (21/5) untuk mengawali halal bihalal IDXC. SOFYANSYAH/ RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR – Indonesia Explore Cycling (IDXC) menjajal medan di Kota Bogor, menggunakan sepeda Brompton Explore Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga : Halal Bihalal Komunitas IDXC, RS PMI Bogor Tuan Rumah Gowes Pecinta Brompton

Brompton Explore menjadi salah satu senjata andalan pecinta sepeda lipat untuk menaklukkan medan-medan ekstrem.

Sepeda lipat asal Inggris itu biasanya identik dengan city ride, commuter ride, atau social ride. Meski begitu, para penggemarnya atau pesepeda (cyclist) kini bisa menggowesnya lebih jauh melintasi perbatasan-perbatasan kota.

Tak main-main, harga Brompton Explore itu bisa berkisar di atas angka Rp80 juta.

Presiden IDXC Tedy Teedeess, menerangkan gowes di Kota Bogor sekaligus untuk menikmati suasananya yang ramah dengan pesepeda.

Udaranya pun terasa lebih sejuk. Mereka bisa menjajal sepeda-sepeda explore yang telah terpasang tas Borough Rolltop 28 liter di depannya.

Sekadar diketahui, tas berwarna hijau itu berisi sejumlah spare kits. Mulai dari ban dalam cadangan, spoke cadangan, penyambung rantai, cable gear, dan brake cable, hingga pompa.

Khusus dalam gelaran Halal Bihalal IDXC itu, sepeda digantungkan dengan nomor urut di belakang sadel. Para peserta memamerkan sepeda Brompton Explore itu di depan RS PMI Bogor.

Sementara itu, salah satu pentolan IDXC, Danus juga ikut berpartisipasi dalam menjajal rute di Kota Bogor itu. Menurutnya, kebersamaan dalam halal bihalal itu sebagai motivasi untuk pecinta gowes yang lain.

“Maksudnya kita gowes bersama, kita juga ada kegiatan sosial. Sehingga bisa sehat bersama, baik jasmani maupun rohani,” ujar lelaki yang juga aktif dalam IDC 3 (Indonesia CHPT3 Cycling Club) ini.

Baca Juga : Festival Film Cannes 2022 Diteror Wanita Tanpa Busana

Ia juga menilai, proyeksi sepeda lipat Brompton masih akan menunjukkan tren yang menanjak. Pasalnya, sepeda tersebut lebih simpel karena bisa dilipat, sehingga bisa dibawa kemana-mana.

“Apalagi Brompton jenis ini dibuat khusus untuk kita explore ke daerah-daerah pedalaman. Untuk kita ke pegunungan, dan sebagainya,” ungkapnya.

Untuk itu, ia bersama para personel IDXC bakal mengagendakan gowes khusus ke desa-desa hingga pedalaman untuk membuat kegiatan sosial. Misalnya saja sunatan massal hingga pengadaan air bersih.

Rencana itu siap dilaksanakan di beberapa daerah dan desa. Pasalnya, IDXC telah menyiapkan kerja sama dengan beberapa instansi untuk merealisasikan gowes Brompton Explore ke medan ekstrem.

Sementara itu, Dirut RS PMI Bogor dr Djoko Setionegoro sangat senang dengan kehadiran komunitasnya. RS PMI menjadi tuan rumah dalam gelaran Halal Bihalal IDXC yang akan berakhir di Panti Asuhan Darussholihat. Ia pun berharap acara serupa bisa semakin mempererat kebersamaan para anggota. (mam)

Reporter : Imam Rahmanto
Editor : Yosep