25 radar bogor

RS Azra Pastikan 10 Karyawannya Negatif, Begini Tanggapan Gugus Tugas Kota Bogor

Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Setelah sempat dinyatakan positif terpapar Covid-19, Rumah Sakit Azra Kota Bogor melakukan pemeriksaan swab ulang kedua terhadap 10 karyawan non medis. Dan hasilnya ke 10 karyawan itu dinyatakan negatif.

Sepuluh Pegawai RS Azra Bogor Positif Covid-19, Diduga Ini Sumber Penyebarannya

Seperti diketahui, sebelumya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bogor menyampaikan adanya 10 pegawai frontliner RS Azra positif Covid-19, enam di antaranya merupakan warga Kota Bogor. Hasil itu, diumumkan pada 27 Juli 2020 usai menerima hasil tes dari Laboratorium Kesehatan Jawa Barat.

Menanggapi swab tes ulang 10 karyawan tersebut, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menjelaskan, meskipun dinyatakan negatif Covid-19 pada tes kedua dengan jarak waktu tak sampai 14 hari, 10 karyawan RS Azra itu tetap masuk dalam data Covid-19 Kota Bogor.

’’Kalau sudah pertama masuk di catatan Covid-19 tentu tetap ada catatannya, enggak mungkin dihapus. Bahwa kemudian setelah beberapa waktu dites ulang, kemudian negatif artinya dianggap sembuh. Kan gitu aja,” ucap Dedie.

Hanya Dedie tak mau mempersoalkan adanya perbedaan hasil tes usap antara satu dengan yang lainnya. Dedie menyatakan, idealnya swab test memang dilakukan di satu sumber laboratorium. Sayangnya, lantaran waktu tunggu hasil lama, memaksa mengubah untuk mengirim sampel spesimen.

Swab Ulang, RS Azra Pastikan 10 Karyawannya Negatif Covid-19

’’Akhirnya seperti sekarang. Tes awal bisa jadi di Balitbangkes Kementerian Kesehatan, tes berikutnya di Labkesda, berikutnya lagi di Lab IPB, itu bisa juga begitu” jelas Dedie.