25 radar bogor

Sepuluh Pegawai RS Azra Bogor Positif Covid-19, Diduga Ini Sumber Penyebarannya

Ilustrasi hasil tes COVID-19.
Ilustrasi hasil tes COVID-19.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jumlah warga Kota Bogor, yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga hari ini Rabu (5/8/2020) terus bertambah. Informasi terbaru menyebutkan ada 10 pegawai rumah sakit (RS) Azra Bogor positif Covid-19.

Informasi itu dibenarkan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat dikonfirmasi wartawan. Dedie menduga para pegawai ini terinfeksi virus corona dari lingkungan di sekitar RS Azra.

“Kita menduga salah satu potensi penularan adalah tempat-tempat makan atau kantin yang berada di lingkungan sekitar rumah sakit,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (5/8/2020).

Pegawai RS Azra terinfeksi positif Covid-19 ini diduga terpapar saat sedang makan di luar rumah sakit. “Mungkin mereka kumpul makan siang di warung di luar, kumpul-kumpul sama orang lain,” terangnya.

Dedie menambahkan, RS Azra adalah salah satu dari delapan RS rujukan penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat (Jabar). Dinkes Jabar pun telah melakukan visitasi ke RS Azra dan RS Medika Dramaga.

Dari hasil visitasi Dinkes Jabar, sambung Dedie, RS Azra hanya dapat menangani pasien Covi-19 level ringan dan sedang. Untuk kasus berat, hanya dapat ditangani RSUD Kota Bogor dan Bogor Senior Hospital.